Puisi Lama dan Jenisnya

Diposting pada

Puisi Lama merupakan salah satu yang dilakukan seseorang untuk mengungkapkan isi hati dan buah pikirannya, tidak secara gamblang. Beberapa dari mereka lebih memilih menggunakan puisi sebagai media pengungkapan isi hati atau penyampaian pesan.

Suatu bentuk karya sastra yang telah ada sejak zaman dahulu ini, dianggap dapat digunakan untuk menyampaikan pesan secara halus tanpa menyinggung.

Pengertian Puisi Lama

Puisi lama adalah salah satu jenis karya sastra berupa puisi yang memiliki keterikatan terhadap aturan tertentu seperti irama, suku kata, dan baitnya.

Pada puisi lama, aturan ini merujuk terhadap jumlah baris di setiap bait, jumlah suku kata, pola rima, dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga aturan mengenai irama serta penggunaan pola rima.

Baca Juga: Apa Itu Puisi Baru?

Ada beberapa jenis puisi lama dengan aturannya masing-masing. Penulis harus mematuhi aturan baku tersebut dalam membuatnya.

Sejarah Puisi Lama

Menurut beberapa bukti, puisi lama dikenal di Indonesia sejak abad ke-7, yaitu pada masa kerajaan Sriwijaya. Sebagai pusat pendidikan pada masa itu, terdapat kitab-kitab yang dituliskan menggunakan gaya puisi lama. Kebanyakan berisi petuah, aturan hidup, maupun sindiran.

Pengertian puisi lama pada masa tersebut juga terkait bentuk penyampaiannya yang banyak dilakukan secara lisan, maka sering sulit mengetahui pengarangnya (anonim).

Jenis-Jenis Puisi Lama

Jenis-Jenis Puisi Lama

Puisi lama ini terbagi dalam beberapa jenis dan bentuk yang berbeda ciri, juga fungsi penggunaannya. Ciri khususnya adalah adanya penggunaan majas.

Beberapa jenis lebih banyak digunakan sebagai penyampaian petuah. Selain itu, penggunaannya bisa juga ditujukan untuk sarana bersosialisasi karena menonjolkan sisi jenaka dalam kehidupan. Beberapa contoh di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Gurindam

Biasanya puisi aliran lama yang bentuknya gurindam ini bertujuan untuk menjadi petuah atau nasihat dalam menjalani kehidupan.

Pengertian puisi lama dengan jenis ini, yaitu karya berisi bait dengan baris berjumlah dua. Baris awalnya berupa syarat dan bisa juga disebut penyebab. Adapun baris kedua dari gurindam ini adalah akibat. Ciri khas gurindam dapat dilihat dari rimanya yang tetap.

Di bawah ini merupakan aturan gurindam:

  • Menggunakan rima tetap, contohnya aa, lalu bb, cc
  • Setiap bait dalam gurindam, hanya terdiri dari dua baris
  • Aturan barisnya adalah menggunakan 10-14 kata
  • Sebab ditempatkan di baris yang pertama
  • Akibat ditempatkan di baris kedua
  • Memiliki maksud menyampaikan petuah, kata mutiara, dan filosofi kehidupan

Selain pengertian puisi lama, hal yang menonjol tentang gurindam tampak melalui tokoh penulis gurindam paling menonjol. Beliau tak lain, Raja Ali Haji.

Seorang sastrawan, juga seorang pahlawan nasional. Beliau tinggal di provinsi Kepulauan Riau. Karyanya yang mengukir sejarah, dikenal dengan “Gurindam Dua Belas”. Disebut seperti itu karena jumlah bait dalam gurindam itu adalah dua belas.

2. Syair

Jenis puisi yang satu ini memang lebih banyak dikenal masyarakat. Syair ini termasuk ke dalam sastra lama yang banyak digunakan masyarakat untuk menyampaikan pesan, kisah, maupun perasaan. Hal ini didukung oleh fakta bahwa syair adalah kata yang berakar dari bahasa Melayu, yaitu syu’ur.

Adapun arti kata tersebut merujuk pada perasaan. Syair sering digunakan untuk menyampaikan perasaan bangga, romantis, maupun kisah sejarah suatu peristiwa.

Sesuai Pengertian puisi lama, berikut ini dapat diperhatikan aturan pembuatan syair:

  • pada bait dalam syair, barisnya berjumlah empat dan rima yang digunakan tetap (aaaa, aabb)
  • Pada tiap-tiap baris terdapat empat sampai lima kata dan delapan sampai dua belas jumlah suku katanya.
  • Setiap baris dalam syair adalah isi, dengan penggunaan majas sebagai pilihan gaya bahasa

3. Pantun

Jenis dan juga bentuk sastra lama berikutnya dikenal dengan nama pantun. Pantun lebih sering berupa sastra lisan yang digunakan sebagai suatu bentuk komunikasi. Umumnya, pantun merupakan sebuah sindiran, ejekan, protes, maupun nasihat yang diberikan dalam bentuk lebih halus dan akrab.

Sebagai bentuk sosialisasi, penggunaan pantun biasanya membuat suasana menjadi cair serta menyenangkan. Meskipun demikian, pantun memiliki aturan baku.

Menurut pengertian puisi lama sebagai karya dengan aturan tertentu, pantun pun terikat dalam bentuk khusus yang menunjukkan ciri khasnya. Aturan dalam pantun dapat dilihat dari jumlah  empat baris yang berada dalam setiap bait. Aturan berikutnya adalah jumlah kata yang dibatasi delapan sampai dua belas saja. Pantun harus menggunakan rima abab atau aaaa. Baris satu dan dua dalam pantun adalah sampiran, sedangkan isi berada di dua baris berikutnya.

Pada baris sampiran, kalimatnya tidak harus mempunyai kaitan terhadap baris isi. Sebab, sampiran ini hanyalah sebuah pengantar untuk mempersiapkan bunyi yang tepat agar isi mudah dipahami.

Oleh sebab itu, pola rima dan total suku kata di dalam pantun haruslah diperhatikan. Hal ini bertujuan agar pendengar pantun tersebut dapat lebih mudah menangkap maksud di bagian yang merupakan isi.

4. Mantra

Berikutnya adalah Pengertian puisi lama berbentuk mantra. Dapat dikatakan, mantra ini memiliki keunikan karena dipercaya mengandung aura magis. Oleh sebab itu, umumnya mantra tidak boleh diucapkan oleh sembarang orang, melainkan hanya dukun ataupun pawang saja. Penggunaannya lebih banyak pada upacara adat dan kepercayaan tertentu. Mantra ini tidak memiliki rima khusus, melainkan lebih memperhatikan iramanya.

Pada kepercayaan sebuah adat tertentu, mantra ini layaknya sebuah doa yang melengkapi ritual-ritual khusus. Bahkan, mantra ini sulit dipahami arti yang terkandung di dalamnya oleh orang pada umumya. Alasan yang membuat mantra digolongkan dalam puisi bentuk lama, disebabkan adanya penggunaan bahasa halus dan berirama cukup indah. Ada beberapa bentuk mantra. Di antaranya mantra untuk pagar diri, kekuasaan, dan mantra untuk tujuan pengobatan.

5. Karmina

Pernah menemukan pantun dengan hanya dua kalimat di dalam baitnya? Sebenarnya itu bukanlah pantun, melainkan karmina.

Pengertian puisi lama berjenis karmina, adalah bentuk sebuah sastra zaman dahulu yang umumnya disampaikan dengan cara lisan serta memiliki hanya dua kalimat di baris berbeda dalam satu baitnya.

Banyak orang menyebut karmina sebagai bentuk pantun kilat. Ini disebabkan karena keduanya serupa. Namun, karmina lebih pendek.

Adapun ciri khusus karmina adalah sebagai berikut:

  • Baris dalam baitnya berjumlah dua
  • Sampiran diletakkan di baris pertama
  • Isi berada pada baris kedua
  • Penggunaan rima tetap, yaitu aa
  • Satu baris disusun dari delapan sampai dua belas suku kata
  • Isinya berupa rayuan, perintah, nasihat, dan lebih sering sindiran
  • Isi dan sampiran tidak memiliki hubungan, tetapi penyampaiannya seolah satu dalam kesatuan pengucapan

Sama halnya dengan pantun, sastra lama berbentuk karmina juga lebih sering disampaikan dengan cara lisan. Fungsinya juga berupa suatu bentuk penyampaian pendapat, pesan, sindiran, maupun nasihat. Pengertian puisi lama berbentuk karmina, harus dipahami agar bisa membedakannya dari sastra pantun.

Sebagaimana sastra lisan lainnya, karmina juga tidak dapat diketahui siapa pengarangnya (anonim), juga tanpa memerlukan titi mangsa dalam penulisannya.

Itulah beberapa bentuk dan pengertian puisi lama unik dan menarik untuk dipahami. Sebagai salah satu warisan budaya, tidak salah jika melestarikan penggunaan puisi sastra lama ini agar generasi muda pun dapat menggunakannya.

Namun, perlu memahami betul aturan dan ciri-cirinya. Hal ini mengingat bahwa puisi lama memiliki aturan baku yang tidak bisa dilanggar sebagai syarat pembuatannya.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.