Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma (Pengertian, Jenis, Struktur dan Fungsi)

Diposting pada

Retikulum Endoplasma – sebuah istilah yang mungkin tidak asing di telinga. Khususnya saat mempelajari tentang sel tentunya istilah retikulum endoplasma acap kali muncul.

Baca juga: Pengertian Sel

Tapi, apa sih retikulum endoplasma itu?, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar retikulum endoplasma.

Pengertian Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma (RE) adalah kantung membran yang merupakan bagian dari sistem endomembran dengan jumlah banyak sehingga hampir meliputi separuh dari total membran dalam pada sel eukariotik.

RE (retikulum endoplasma) terdiri dari sisterne (cisternae). Sisterne (cisternae) adalah jaringan tubula dan gelembung membran yang berbentuk kotak atau peti.

Membran ini memiliki hubungan langsung dengan selubung nukleus (nuclear envelope), sehingga ruang di antara kedua membran selubung tersebut bersambung dengan ruang sisternal pada RE.

Berdasarkan daerahnya retikulum endoplasma terbagi menjadi dua bagian khusus yaitu RE halus dan RE kasar, kedua daerah tersebut memiliki struktur dan fungsi yang berbeda.

RE kasar adalah bagian pada retikulum endoplasma yang diselimuti banyak ribosom, bahkan jumlahnya mencapai ribuan. Ribosom ini berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembentukan protein di dalam sel. Ribosom juga dapat kita temukan berdekatan sekali dengan RE kasar yaitu teletak pada sisi sitoplasmik membran luar selubung nukleus.

Baca juga: Pengertian Ribosom

RE halus atau smooth endoplasmic reticulum adalah bagian-bagian retikulum endoplasma yang tidak diselimuti oleh ribosom. RE halus berfungsi sebagai pembentuk dari lemak dan steroid. Kita dapat menemukan banyak RE halus pada beberapa organ contohnya hati.

Jenis-jenis Retikulum Endoplasma

Jenis-jenis Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma Kasar

Retikulum endoplasma kasar adalah bagian pada retikulum endoplasma yang memiliki struktur kasar, hal tersebut dikarenakan permukaannya terdapat bintik-bintik ribosom yang berfungsi untuk mensistesis protein. Sehingga RE kasar ini memiliki fungsi mensistesis protein.

Protein yang dihasilkan oleh ribosom pada RE kasar ini kemudian disekresikan oleh sel-sel yang terspesialisasi misalnya pada sel-sel tertentu yang ada di pankreas.

Ribosom yang terikat menumbuhkan rantai polipeptida. Rantai polipeptida tersebut kemudian dimasukkan ke dalam ruang sisternal melewati suatu pori yang kemudian mengalami pelipatan sesuai konformasi aslinya.

Protein dapat terikat pada karbohidrat secara kovalen karena sebagian besar dari protein sekretoris merupakan suatu glikoprotein. Karbohidrat tersebut kemudian ditempelkan oleh salah satu bagian dalam membran RE yaitu protein. Jenis karbohidrat yang ditempelkan pada protein tersebut yaitu polimer gula yang relatif kecil yang termasuk jenis dari oligosakarida.

Protein sekretori yang telah terbentuk, dipertahankan agar tetap terpisah dari protein yang dihasilkan oleh ribosom dengan adanya bantuan dari membran RE. Cara Membran RE mempertahankan protein sektori tersebut dengan membungkus protein menggunakan membran vesikula yang menggelembung mirip tunas dari daerah RE transisi. Vesikula tersebut berpindah-pindah dari satu bagian sel ke bagian sel lainnya sehingga dinamakan vesikula transpor.

Membran dihasilkan di dalam RE kasar. Protein membran perlu untuk dimasukkan ke dalam membran RE kemudian ditahan oleh bagian hidrofobik protein, hal tersebut karena protein membran tumbuh dari ribosom.

Selain membran, RE kasar juga merupakan tempat fosfolipid di produksi, dengan prekursornya yang berasal dari sitosol. Membran RE ini kemudian berkembang sehingga dikirim ke komponen lain yang berasal dari sistem endomembran dalam bentuk vesikula transpor.

Retikulum Endoplasma Halus

Retikulum endoplasma halus adalah bagian pada retikulum endoplasma yang memiliki struktur halus, hal tersebut dikarenakan permukaannya tidak terdapat bintik-bintik ribosom.

RE halus berfungsi pada beberapa proses metabolisme seperti sintesis lipid, penyimpanan ion kalsium, metabolisme karbohidrat, serta detoksifikasi obat-obatan dan racun.

Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Retikulum endoplasma sarkoplasmik adalah salah satu jenis khusus dari retikulum endoplasma halus yang terdapat pada otot licin dan otot lurik. Perbedaan dari RE sarkoplasma dari RE halus terletak pada kandungan proteinnya.

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada fungsinya dimana retikulum endoplasma berfungsi untuk mensintesis molekul, sedangkan retikulum sarkoplasma berfungsi untuk menyimpan ion kalsium dan ketika serat otot distimulasi, memompakannya ke dalam sarkoplasma. Sehingga dapat kita tarik keseimpulan bahwa RE sarkoplasma tersebut berperan dalam pemicuan kontraksi otot. 

Struktur Retikulum Endoplasma

Permukaan pada RE kasar terdapat bintik-bintik ribosom yang berfungsi mensintesis protein dan hal tersebut juga yang membuatnya disebut retikulum endoplasma kasar karena terdapat bintik-bintik ribosom sehingga permukaannya nampak kasar.

RE kasar memiliki struktur di mana setiap foil terdiri dari 2 membran sel, yang kemudian berkumpul menjadi satu di tepi setiap sel.

RE halus ini tidak memiliki ribosom sehingga permukaannya nampak halus. RE halus dibentuk dari labirin dan saling berhubungan dengan saluran halus sehingga infiltrasi ke semua sitoplasma. 

Pada RE halus terdiri dari tubulus yang terletak berdekatan dengan pinggiran sel. Jaringan ini berfungsi untuk meningkatkan luas permukaan yang berguna penyimpanan enzim penting dan produk-produk dari enzim ini.

RE halus ini berfungsi untuk menyempurnakan proses metabolisme seperti metabolisme karbohidrat sintesis lipid, dan konsentrasi kalsium. Selain itu re halus juga berfungsi sebagai detoksifikasi obat dan lokalisasi reseptor yang melekat pada protein membran sel.

Fungsi Retikulum Endoplasma

Berikut beberapa fungsi dari RE (retikulum endoplasma):

  1. Membantu proses sintesis protein yang dibutuhkan oleh sel
  2. Sebagai transpor (penyalur) bahan genetik antara nukelus (inti sel) dengan sitoplasma
  3. Alat transportasi berbagai zat yang terdapat di dalam sel tersebut
  4. Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom sehingga dapat disalurkan menuju kompleks golgi lalu pada akhirnya dikeluarkan dari sel.
  5. Detoksifikasi (menetralkan) racun pada Retikulum Endoplasma yang sebagian besar terletak di sel sel hati.
  6. Sarana transportasi berbagai molekul.
Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com