Halo sobat pusilpen sebelumnya kita telah banyak membahas seputar fisika. Nahh pada kesempatan ini ada satu pembahasan menarik tentang fisika nih yaitu rumus usaha dalam fisika.

Sebelum mulai pembahasan Kamu tahu nggak sih apa itu usaha?. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), usaha adalah suatu kegiatan dimana didalamnya ada peran pikiran, tenaga atau fisik untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Usaha berhubungan erat juga dengan yang namanya gaya, sehingga Kamu perlu tahu dulu nih apa itu gaya. Gaya adalah cara atau teknik agar suatu benda bisa bergerak, atau dalam kata lain benda tersebut tidak berhenti.

Nggak usah berlama-lama yuk kita bahas apa itu usaha dan apa rumus usaha yang ada di mata pelajaran fisika.

Pengertian Usaha

Usaha adalah sekumpulan energi yang digunakan atau dikeluarkan agar suatu benda bisa bergerak. Sedangkan definisi usaha dalam fisika adalah penerapan dari kekuatan gaya atau yang dilambangkan dengan F untuk memindahkan benda sesuai jarak (S) yang ditentukan.

Definisi usaha juga bisa diartikan sebagai sekumpulan gaya yang bekerja pada suatu benda, sehingga benda tersebut bisa bergerak dan berpindah tempat.

Selain itu usaha juga merupakan perkalian dari gaya yang menghasilkan suatu perpindahan benda. Perpindahan benda dari satu tempat ke tempat lainnya disebut dengan gaya.

Apa Itu Gaya?

Gaya tidak hanya terjadi pada benda mulanya diam menjadi bergerak, melainkan bisa juga terjadi pada benda yang bergerak kemudian menjadi diam. Misalnya saat kita berusaha untuk menghentikan suatu benda, maka terjadilah gaya didalamnya. Contohnya saat kita menghentikan sepeda yang melaju ke arah kita atau mengehentikan bola yang menggelinding.

Rumus Usaha Pada Bidang Datar

Rumus Usaha Pada Bidang Datar

ketika benda berada pada bidang yang datar dan didalamnya hanya ada 1 gaya serta mempunyai arah perpindahan yang sama maka kita bisa menggunakan rumus usaha dalam fisika yaitu:

W = F.s

Keterangan Rumus:

  1. W = Usaha yang Diberikan pada Benda (Joule)
  2. F = Gaya (Newton)
  3. s = Jarak perpindahan benda setelah mengalami gaya (meter)

Didalam fisika, usaha dilambangkan dengan huruf W yang artinya “Work” dengan menggunakan satuan yang disebut “Joule“. Joule berhubungan erat dengan newton (gaya), dimana setiap meter newton adalah joule.

Cara yang bisa kita gunakan untuk menemukan besaran usaha yaitu dengan mengalikan gaya dengan jarak. Suatu benda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya disebabkan karena ada gaya yang mempengaruhinya. Sedangkan gaya yang muncul terjadi karena adanya usaha yang diberikan.

Gaya dilambangkan dengan huruf “F” yang merupakan singkatan dari “Force“. Gaya mempunyai satuan yang disebut Newton. Sedangkan jarak pada fisika dinotasikan dengan “s” yang merupakan singkatan dari space (jarak). Space (s) atau jarak mempunyai satuan yang kita sebut “meter”.

Salah satu contoh dari usaha adalah pada saat kita memindahkan suatu benda dari satu tempat ke tempat lain. Benda tersebut bisa bergerak karena kita beri usaha berupa dorongan yang menghasilkan gaya. Sehingga benda tersebut bisa berpindah tempat sejumlah jarak (s) yang memiliki satuan meter.

Rumus Usaha pada Bidang Miring

Rumus Usaha pada Bidang Miring

Rumus usaha W= F x s hanya berlaku pada gaya yang diberikan pada benda di tempat datar saja. Apabila benda berada di tempat yang mempunyai sudut miring maka kita bisa menggunakan rumus W = m.g.s.sin θ.

Keterangan Rumus:

  1. W = Usaha (Joule)
  2. m = massa benda
  3. g = nilai gravitasi
  4. s = jarak satu tempat ke tempat lain
  5. θ = sudut

Benda yang berada pada bidang miring mempunyai sudut yang terbentuk dan terletak diantara gaya seperti pada rumus diatas. Sehingga kita perlu menghitung berapa sudut yang terbentuknya terlebih dahulu. Sehingga kita menggunakan satuan θ untuk menghitung sudutnya.

Bagikan:
Dimas Shandy

Dimas Shandy

I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia