Sejarah Mesir Kuno, Salah Satu Perdaban Klasik Berpengaruh Di Dunia

Diposting pada

Sejarah Mesir Kuno – Peradaban Mesir Kuno merupakan peradaban regional tertua kedua, yang muncul setelah peradaban Sumeria.

Serupa seperti masyarakat Sumeria yang membangun perdabannya di rawa belantara tanah genting lembah bawah Sugai Tigris dan Eufrat. Orang-orang Mesir juga mulai membaangun dengan membuka rawa belantara di lembah bawah dan delta sungai Nil.

Sejarah Mesir Kuno Yang Mencengangkan

Sejarah Mesir Kuno Yang Mencengangkan

Selain mengadopsi kebudayaan peradaban Sumeria, orang-orang Mesir kuno juga banyak mendapatkan pengaruh dari nenek moyang Neolitik dan Chalelolitik.

Pada masa kuno, peradaban Mesir telah menjelma menjadi salah satu peradaban paling maju dalam perkembangannya.

Baca Juga: Apa Itu Sejarah?

Bahkan hingga saat ini, ada banyak peneliti dan arkeolog masa modern merasa kagum dengan berbagai peninggalan dari peradaban ini.

Sistem Pemerintahan Yang Digunakan

Seni Arsitektur Bangunan Mesir Kuno

Dalam berbagai catatan perkamen sejarah Mesir kuno, diketahui bahwa pemimpin tertingginya disebut Pharaoh atau Firaun. Firaun dianggap sebagai penjelmaan Dewa Kehidupan, Horus yang memiliki pemerintahan yang absolut.

Firaun juga dibantu oleh pengawas administrasi yang juga disebut Wazir, seorang Imam Agung serta tentara Milisia dalam melaksanakan pemerintahan.

Seni Arsitektur Bangunan

Diantara beberapa alasan mengapa Mesir menjadi salah satu peradaban yang paling berpengaruh di dunia adalah keahlian dan kemampuan orang-orang Mesir dalam membangun bangunan-bangunan yang megah.

Dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka kuasai,  mereka mampu membuat bangunan dengan arsitektur yang khas seperti bangunan Masaba, Piramida, Sphinx, dan kuil.

Sistem Kepercayaan

Masyarakat ini menganut sistem kepercayaan politeisme (banyak dewa). Dalam sejarah Mesir kuno, disebutkan bahwa mereka menyembah dewa utama bernama Amun (dewa Bulan) dan Ra (dewa Matahari). Di samping itu, masyarakat ini juga memiliki dewa Osiris dan Isis yang melambangkan kesuburan.

Selain itu, mumi juga menjadi salah satu hasil peradaban ini.  Mumifikasi ini sendiri merupkan proses pengawetan mayat dengan cara dibalsem yang bertujuan agar mereka dapat mewujudkan kehidupan abadi.

Setelah mengetahui semua penjelasan mengenai sejarah Mesir kuno di atas, dapat disimpulkan betapa majunya perdaban di tepi sungai Nil ini. Pantas saja bila mereka dinobatkan sebagai salah satu peradaban yang berpengaruh di dunia.

Dimas Shandy
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.