Pengertian Sejarah – Ruang Lingkup, Fungsi dan Tujuan Mempelajarinya

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari mengenai pengertian sejarah, ruang lingkup sejarah, klasifikasi, fungsi dan manfaatnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa berbagai kejadian yang ada di dunia ini pasti mempunuyai sejarah. Lalu apa itu sejarah?, yuk kita belajar apa itu sejarah.

Pengertian Sejarah

gambar pengertian sejarah

Sejarah adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang mengkaji atau mempelajari berbagai kejadian yang terjadi pada masa lampau khususnya yang ada kaitannya dengan manusia.

Pengertian sejarah secara etimologi diambil dari Bahasa Arab yaitu syajarotun yang artinya adalah pohon.

Kenapa sejarah diartikan dengan pohon?

karena hal tersebut menggambarkan mengenai sifat dari sejarah yaitu terus tumbuh dan berkembang. Bertumbuh dari sumber awalnya dan berkembang dari waktu ke waktu, seperti halnya pohon yang berkembang mulai dari akar hingga ranting.

Dalam Bahasa Yunani kata sejarah atau ἱστορία mempunyai arti mengusut. Maksudnya adalah sejarah merupakan suatu pengetahuan yang diperoleh dengan melalui penelitian dari berbagai sumber sejarah.

Baca juga: Sumber Sejarah | Pengertian, Manfaat, Fungsi, Sifat, dan Jenis

Secara umum sejarah bisa diartikan sebagai suatu peristiwa atau kejadian yang benar terjadi pada masa lalu (lampau) dan dialami oleh manusia khususnya raja atau pemerintah.

Orang yang mempelajari sejarah disebut sebagai sejarawan, sedangkan suatu peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan belum tertulis disebut prasejarah.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Selain pengertian diatas, ada juga beberapa pengertian sejarah menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Roeslan Abdulgani

Menurut Roeslan Abdulgani sejarah adalah cabang dari ilmu pengetahuan yang fokus menyelidiki dan meniliti perkembangan masyarakat pada masa lampau beserta kejadian-kejadiannya secara sistematis dan menyeluruh.

Sehingga hasil dari penelitian tersebut dapat dinilai secara kritis keseluruhannya. Untuk kemudian dijadikan sebagai pedoman, penilaian serta penentuan untuk masa yang akan datang.

2. Patrick Gardiner

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari berbagai hal yang sudah dilakukan oleh manusia.

3. Moh. Yamin

Menurut Moh. Yamin sejarah adalah peristiwa yang terjadi pada lampau dan dapat dibuktikan secara nyata lalu diselidiki dan disusun sehingga menjadi sebuah ilmu pengetahuan.

4. Ibnu Khaldun

Menurut Ibnu Khaldun sejarah dapat didefinisikan sebagai catatan mengenai masyarakat umum atau peradaban manusia yang dapat terjadi pada sifat atau watak dari masyarakat tersebut.

5. R. Moh Ali

Didalam bukunya berjudul Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia Moh. Ali menyebutkan bahwa pengertian sejarah adalah sebagai berikut:

  1. Kisah mengenai berbagai perubahan, peristiwa, maupun kejadian yang ada disekitar kita
  2. Jumlah dari berbagai perubahan, peristiwa atau kejadian disekitar kita
  3. Ilmu yang fungsinya adalah menyelidiki berbagai perubahan dari peristiwa atau kejadian kenyataan yang ada disekitar kita.

Ruang Lingkup Sejarah

gambar ilustrasi macam-macam historiografi

Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, sejarah dapat dibedakan menjadi empat kategori ruang lingkup. Berikut ruang lingkup dari sejarah:

1. Sejarah Sebagai Peristiwa

Sebagai bagian dari kajian yang membahas berbagai hal terkait masa lampau, sejarah sangat berkaitan dengan yang namanya peristiwa.

Baca juga: Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Peristiwa yang ada pada ruang lingkup sejarah tentunya berkaitan dengan kejadian di masa lampau yang tak dapat diulang kembali.

Didalam sejarah sendiri, berbagai peristiwa tersebut benar-benar terjadi dan memiliki nilai tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Sebagai peristiwa, sejarah haruslah bersifat objektif, subjektif dan unik.

Objektif disini maksudnya bahwa peristiwa yang diceritakan tersebut harus memiliki bukti dan fakta sejarah, sehingga benar-benar terjadi. Bukan diada-adakan maupun dikarang oleh manusia.

Unik yang dimaksud adalah bahwa peristiwa hanya dapat terjadi sekali dan tak dapat diulang lagi di masa yang berbeda.

2. Sejarah Sebagai Ilmu

Sejarah dapat dikategorikan sebagai ilmu karena terdapat objek dan metode penelitian didalamnya. Sebagaimana sesuatu dikatakan ilmu jika didalamnya ada metode dan objek yang diteliti.

Baca juga: Penelitian Sejarah | Pengertian, Unsur, Langkah, dan Tujuan

Bagian dari ilmu sejarah yang fokus mempelajari metode sejarah disebut metodologi sejarah. Sedangkan objek dari penelitian sejarah adalah berbagai hal yang dikatakan, dipikirkan, dirasakan, atau dialami oleh manusia pada ruang waktu tertentu di masa lalu.

3. Sejarah Sebagai Kisah

Kisah sejarah merupakan hasil dari penelitian sejarawan yang dapat dipertanggungjawabkan dan diuji kebenarannya berdasarkan sumber sejarah.

Baca juga: Sumber Sejarah | Pengertian, Manfaat, Fungsi, Sifat, dan Jenis

Kisah dapat dikelompokkan sebagai ruang lingkup dari sejarah karena menceritakan kejadian di masa lampau yang sebelumnya sudah diteliti. Kejadian yang sudah diteliti tersebut menggunakan metode penelitian sejarah.

Kita dapat simpulkan bahwa sejarah bukan merupakan kisah yang diada-adakan atau sembarangan semata. Melainkan benar terjadi, diteliti dan bisa dibuktikan faktanya.

4. Sejarah Sebagai Seni

Sejarah erat sekali kaitannya dengan seni berbagai cara dalam penyampaiannya dalam bentuk tulisan kepada masyarakat. Sehingga dibutuhkan imajinasi dan melibatkan emosi serta gaya khas agar dicetitakan dengan menarik dan terkesan tidak kaku.

Selain itu sejarah sebagai seni harus terdapat unsur keindahan dalam penyajian informasinya agar dapat disampaikan secara tepat sasaran.

Fungsi Sejarah

Fungsi umum sejarah adalah sebagai sumber dari kisah yang merupakan media yang dapat bermanfaat untuk mengetahui berbagai kejadian masa lampau. Selain itu ada beberapa fungsi sejarah lainnya yaitu:

  1. Memberikan manusia pelajaran untuk masa depannya
  2. Membangkitkan serta mempeluas imajinasi dan wawasan intelektual
  3. Sebagai panduan manusia untuk meningkatkan kualitas hidup di masa yang akan datang
  4. Sebagai sarana pendidikan moral, nalar, dan politik bagi umat manusia
  5. Mendidik manusia agar bisa lebih bijaksana dalam menjalani  kehidupan

Tujuan Mempelajari Sejarah

Tujuan utama belajar sejarah adalah untuk mengetahui berbagai peristiwa pada masa lampau sehingga diharapkan dapat memperluas wawasan pengetahuan kita dari masa ke masa.

Berikut beberapa tujuan dan manfaat mempelajari sejarah:

  1. Mengetahui Peristiwa Masa Lampau
  2. Sebagai media edukasi atau pembelajaran
  3. Dijadikan sebagai inspirasi dalam menjalani kehidupan
  4. Memperluas wawasan pengetahuan dan pikiran
  5. Meningkatkan kemampuan teoritis

Demikian penjelasan mengenai pengertian sejarah, ruang lingkup sejarah, fungi, tujuan dan berbagai hal lainnya. Semoga dapat difahami dengan baik, terimakasih.

Bagikan Artikel melalui :