Sel Eukariotik - (Pengertian, Ciri Umum, dll)

Sel Eukariotik (Pengertian, Ciri Umum, dll)

Diposting pada

Eukariotik, mungkin kita tidak asing lagi dengan istilah tersebut dimana sering kita jumpai pada pelajaran biologi. Khususnya saat mempelajari bab yang berkaitan dengan sel makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan, berikut ulasannya:

Pengertian Sel Eukariotik

Secara bahasa kata Eukariotik berasal dari bahasa yunani yaitu “ευ (Eu) ” yang berarti “sejati” dan “κάρυον(karyon)” berarti “inti”.

Lalu apakah yang dimaksud dengan Eukariotik?, eukariotik adalah suatu organisme yang memiliki sel. Dimana setiap sel eukariotik memiliki inti (nukleus) serta berbagai membran lain yang ada didalam tubuh organelnya.

Baca: Sel (Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Sejarah)

Sel eukariotik adalah suatu jenis sel yang memiliki kompleksitas yang lebih lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sel lainnya seperti prokariota. Dimana sel eukariotik sendiri memiliki nukleus serta organel membran lainnya.

Eukariotik sendiri ditempatkan di dalam takson Eukarya (Eukaryota). Sel eukariotik merupakan jenis sel yang memiliki sistem endomembran (memiliki organel-organel membran) seperti mitokondria dan badan golgi.

Selain itu Eukariotik sendiri bisa berbentuk uniseluler (hanya memiliki 1 sel) dan multiseluler (memiliki banyak sel) yang menyusun tubuh suatu organisme.

Ciri Umum Sel Eukariotik


Sistem Endomembran sel
Detail sistem endomembran dan komponen-komponennya

Sel Eukariotik memiliki ciri-ciri umum yang membedakannya dengan jenis sel yang lainnya, berikut beberapa ciri umum yang ada pada sel eukariotik:

  • Struktur organelnya dibatasi oleh membran atau disebut sebagai sistem endomembran
  • Dapat bersifat uniseluler maupun multiseluler
  • Memiliki 2 cara reproduki baik aseksual melalui mitosis dan seksual melalui meiosis
  • Ukuran diameter 10 kali lebih kecil dari sel prokariotik yaitu sekitar 10-100 mikrometer
  • Memiliki inti yang diselubungi oleh membran
  • Melakukan pembelahan sel secara aseksual dan seksual melalui proses yang dimanakan dengan fusi sel.

Struktur dan Fungsi Sel Eukariotik


Struktur sederhana mitokondria
Struktur sederhana mitokondria

Organel sel penyusun eukariotik sendiri beranekaragam dan memiliki fungsinya masing-masing, berikut uraiannya:

  • Nukleus (inti sel) – nukleus adalah suatu organel yang terselubung oleh membran, didalamnya sebagian besarnya mengandung materi genetik pada sel yang berbentuk kromatin.
  • Selubung inti – selubung inti adalah suatu organel yang berada mengililingi inti dan terdiri atas dua membran. Salah satu fungsinya adalah membantu pertukaran molekul antara inti dengan sitoplasma yang terjadi dididalam pori-pori membran inti tersebut.
  • Mitokondriamitokondria adalah suatu organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup. Dimana tubuhnya memiliki struktur yang penuh dengan lekukan kedalam membentuk krista.
  • Vakuolavakuola adalah kantong membran yang memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya proses reaksi kimia. Seperti mengatur keseimbangan air didalam sel dan tempat masuknya makanan.
Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...