Pengertian sel

Sel (Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Sejarah)

Diposting pada

Pernahkah kamu mendengar istilah sel?, mungkin istilah ini sering kali muncul ketika kamu belajar sains khususnya biologi. Namun apakah pengertian sel itu?, berikut ini pengertian sel, struktur sel beserta gambar , fungsi sel, dan sejarah sel:

A. Pengertian Sel

Sel adalah unit struktural serta fungsional terkecil sebagai penyusun organisme hidup pada tingkat organisasi dalam kehidupan. Kata sel sendiri diambil dari bahasa Yunani, yakni ‘Cellula’ attua ‘Cella’ yang memiliki arti ‘ruang kosong/kamar-kamar kecil’.

Seluruh fungsi yang ada di kehidupan ini berlangsung didalam sel, tidak hanya itu sel juga berperan untuk mengatur berlangsungnya kehidupan suatu organisme di dunia ini.

Seluruh organisme hidup tersusun atas sel, karena sel memiliki pernanan penting bagi setiap makhluk hidup dalam keberlangsungan hidupnya.

Baca juga: Pembelahan Sel (Pengertian, Jenis, Fase, Tujuan dan Fungsi)

Organisme memiliki tubuh, tubuh dari organisme sendiri terdiri dari sistem organ lalu sistem organ tersebut disusun oleh organ kemudian organ dibentuk oleh sebuah jaringan, dan adanya jaringan berasal dari sel. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa sel adalah penyusun utama tubuh makhluk hidup.

Sel memiliki tugasnya yang sangat penting yaitu mengatur serta mengolah semua informasi yang ada didalam tubuh suatu makhluk hidup sehingga setiap makhluk hidup tersebut mampu menjalankan fungsi kehidupan dengan baik.

Klasifikasi Sel Berdasarkan Jumlahnya

1. Uniseluler

Uniseluller adalah suatu makhluk hidup yang hanya memiliki 1 sel tunggal saja.

2. Multiseluler

Multiseluller adalah makhluk hidup yang memiliki banyak sel penyusun tubuhnya.

Berdasarkan penjelasan tadi dapat kita fahami bahwa sel berperan penting bagi kehidupan makhluk hidup. Lalu apakah virus dapat di golongkan sebagai makkluk hidup, nahh untuk masalah ini banyak para ilmuan yang berbeda pendapat mengenai apakah virus termasuk golongan makhluk hidup atau bukan.

Baca: Mengenal Virus dengan Ringkas dan Mudah

Virus dapat dikatakan sebagai makhluk hiduk karena virus mempunyai asam nukleat yaitu DNA dan RNA. Sedangkan pendapat yang mengatakan bahwa virus bukan termasuk makhluk hidup adalah karena virus dapat dikristalkan.

Sebagaimana kita tahu bahwa normalnya setiap makhluk hidup tidak dapat dikristalkan dalam artian setiap mahluk hidup dapat mati, sedangkan virus tidak demikian. Sehingga banyak yang berbeda pendapat terkait masalah ini.

Jumlah sel pada makhluk hidup sangat banyak. Bahkan didalam tubuh manusia terdiri dari beribu-ribu bahkan jumlahnya mencapai jutaan.

Berikut ilustrasi gambar sel pada hewan dan tumbuhan:

Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Gambar Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sejarah Perkembangan Sel

Sel pertama kali digambarkan oleh seorang ilmuan Inggris tepatnya pada tahun 1665 yaitu Robert Hooke, awalnya Robert Hooke meneliti irisan tipis sebuah gabus menggunakan mikroskop yang ia rancang sendiri. Kemudian Robert Hooke melihat ada sebuah ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tersebut lalu ruang kecil tersebut ia beri nama sel.

Robert Brown pernah mengatakan bahwa “sel merupakan suatu ruangan kecil yang dibatasi oleh membran, didalamnya terdapat cairan yang disebut protoplasma”.

Pada tahun 1839 seorang ahli fisiologi asal Jerman bernma Theodor Schwan mengatakan bahwa semua organisme yang hidu[ tersusun atas sel.

Struktur dan Bagian Komponen Sel

Gambar struktur dan bagian komponen sel
Gambar struktur dan bagian komponen sel

Secara umum struktur sel terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu: membran sel (Membran Plasma), cairan sel (Sitoplasma), dan inti sel (Nukleus). Berikut beberapa bagian utama dan bagian lain pada sel:

1. Membran Sel (Membran Plasma)

Membran sel adalah sebuah selapus tipis yang terletak pada bagian terluar sel. Fungsi dari membran sel adalah untuk mengatur hubungan antara komponen yang ada didalam sel dengan lingkungan yang ada diluar sel.

Membran sel sendiri terdiri dari lemak (lipid) yaitu berupa: fosfolipid, protein, serta karbohidrat dengan jumlah komposisi yang berbeda sesuai dengan jenis selnya. 

Baca: Pengertian sel prokariotik |Pengertian sel eukariotik

Membran sel mudah dilewati oleh berbagai komponen sehingga memiliki sifat yang disebut semipermiabel dan dapat dilewato oleh berbagai ion tertentu saja sehingga sel juga bersifat selektif permiabel.

Fungsi Membran Sel

Berikut ini beberapa fungsi membran antara lain:

  1. Membungkus dan melindungi bagian dalam sel
  2. Sebagai pengatur keluar masuknya zat dari dalam keluar dan sebaliknya
  3. Sebagai kontrol lingkungan dalam dan luar sel
  4. Sebagai tempa terjadinya reaksi kimia pada sel

2. Sitoplasma (Cairan)

Sitoplasma adalah bagian didalam sel yang terbungkus oleh membran sel selain inti sel. Umumnya sitoplasma disusun atas air yang memiliki fungsi sebagai pelarut serta tempat terjadinya proses reaksi kimia.

Sitoplasma disebut sebagai matriks yang peka terhadap rangsangan (iritabilitas) dan mampu meneruskan serta memindahkan suatu rangsangan (konduktivitas).

Fungsi Sitoplasma

Sitoplasma memiliki beberapa fungsi antara lain:

  1. Tempat penyimpanan berbagai jenis zat kimia yang digunakan pada proses metabolisme sel. Contohnya: enzim, gula, ion, lemak, dan protein.
  2. Mengatur proses transpor zat didalam sel, yaitu menjamin berlangsungnya proses pertukaran zat yang ada di dalam sel
  3. Pembentukan energi
  4. Sebagai tempat pembongkaran serta penyusunan beberapa zat dengan melalui reaksi kimia.
  5. Mengisi ruang antar sel yang didalmnya tidak ditempati organel dan vesikula.

Organel-Organel Sitoplasma dan Fungsinya

Didalam sitoplasma terdapat beberapa komponen padat disebut organel sel. Organel sel memiliki peranannya masing-masing sebagai alat penunjang kehidupan sel itu sendiri, yaitu:

OrganelFungsi
MitokondriaPenghasil Energi
LisosomMembantupencernaan dalam sel
RibosomTempat sintesis protein
RE (Retikulum Endoplasma) Transportasi zat di dalam sel
Badan golgiSintesis protein dan membantu kerja ribosom dan retikulum endoplasma 
MikrotubulusMenjaga dan melindungi bentuk sel
MikrofilamenMembantu proses pergerakan sel
KloroplasTempat berlangsungnya fotosintesis pada tumbuhan
Sentrosom (SentriolTempat pembelahan sel

3. Nukleus (Inti Sel)

Gambar Nukleus (Inti Sel)
Gambar Nukleus (Inti Sel)

Nukleus adalah bagian inti sel yang umumnya berbentuk bulat atau lonjong serta berfungsi sebagai pusat pengendali kegiatan yang ada didalam sel.

Nukleus merupakan bagian terpenting sel pada suatu organisme. Fungsi utamanya sendiri adalah sebagai pusat kontrol kendali berbagai aktivitas yanga ada didalam sel.

Nukleus sendiri dilindungi oleh dinding yang disebut membran inti, bentuknya menyerupai membran sel.

Nukleus juga memiliki beberapa bagian didalamnya, yaitu:

a. Anak Inti (Nukleolus)

Nukleolus adalah bagian pada inti sel berbentuk bulat yang disusun oleh beberapa komponen serta filamen.

Didalam nukleolus terkandung DNA, RNA, serta berbagai protein yang seluruhnya berfungsi untuk merakit ribosom.

Berikut ini beberapa fungsi nukleolus:

  1. Membantu sintesis berbagai macam molekul RNA yang berfungsi dalam perakitan ribosom
  2. Membantu pembentukan ribosom dan terlibat pada proses sintesis protein
  3. Tempat beberapa proses pembelahan sel
  4. Tempat menyimpan informasi genetik suatu organisme
  5. Sebagai kontrol aktivitas didalam sel

b. Cairan Inti (Nukleoplasma)

Nukleoplasma adalah cairan didalam inti sel yang berbentuk seperti agar-agar yang mengelilingi kromosom dan inti sel (nukleus). Nukleoplasma mengandung ion, protein, enzim dan berbagai komponen lainnya.

Nukleoplasma sendiri berfungsi sebagai media suspensi bagi semua organel didalam nukleus, dan berfungsi untuk membantu menjaga bentuk serta struktur inti sel.

c. Kromatin

Kromatin adalah bagian dalam inti sel yang mengandung DNA serta memiliki bentuk untaian benang-benang halus. Kromatin berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai macam informasi genetik suatu organisme.

Kromatin akan mengalami perubahan seperti mengalami penebalan, pemendekan, serta melingkar membentuk kromosom apabila selnya mengalami pembelahan.

4. RE (Retikulum Endoplasma)

Gambar RE (Retikulum Endoplasma)
Gambar RE (Retikulum Endoplasma)

RE (retikulum endoplasma) adalah organel yang berada didalam inti sel yang berbentuk kumpulan kantung seperti membran tubular, kandung kemih, serta kantung pipih.

RE terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: RE kasar (granuler) dan RE halus (Agranuler). RE sendiri berfungi sebagai alat transportasi berbagai zat yang ada didalam sel.

RE kasar (Granuler) memiliki fungsi yaitu untuk mengumpulkan protein yang berasal dari membran sel dan menuju membran sel. RE kasar terdapat organel ribosom didalamnya.

RE halus (Agranuler) berfungsi sebagai alat sintesis lipid, gula otot (glikogen), gliserida serta mensintesis lipid, glikogen (gula otot), kolesterol, gliserida. RE halus ini tidak terdapat ribosom didalamnya.

5. Ribosom

Gambar Ribosom
Gambar Ribosom

Ribosom adalah salah satu organel didalam sel yang memiliki ukuran kecil serta padat, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesis protein.

Ribosom terdiri dari RNA ribosom (65%) (rRNA) dan protein ribosom (35%) (Ribonukleoprotein atau RNP) yang memiliki diameter sekitar 20nm.

Ribosom disentesis didalam organel inti sel (nukleus) yang fungsinya adalah mensintesis protein.

Ribosom tersusun atas dua sub unit, yaitu sub unit kecil dan sub unit besar. Organel ini merupakan salah satu organel terkecil yang ada didalam organel sitoplasma.

Baca: Pengertian Lengkap Ribosom

6. Badan Golgi

Gambar Badan Golgi
Gambar Badan Golgi

Badan golgi adalah salah satu organel penyusun sel yang merupakan kumpulan ruang, gelembung kecil, dan kantong kecil yang bertumpuk-tumpuk.

Badan golgi disebut juga dengan diktiosom, berfungsi sebagai alat sekresi protein dan lendir.

Badan golgi dapat ditemukan pada hampir seluruh sel yang ada pada hewan dan tumbuhan. Badan golgi yang ada pada tumbuhan biasa disebut dengan diktiosom.

Baca juga: Badan Golgi (Pengertian, Struktur, Pembagian dan Fungsi)

7. Mitokondria

Gambar Mitokondria

Mitokondria adalah salah satu organel didalam sel yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya respirasi sel pada suatu organisme. Mitokondria memiliki bagian dalam dan luar yang berbentuk krista (berlekuk-lekuk).

Bentuk dari mitokondria adalah bulat panjang seperti tongkat dan tersusun dari krista. Krista merupakan bagian pada mitokondria yang berupa tonjolan perluasan dari membran dalam.

Mitokondria berfungi sebagai oksidasi makanan, fosforilasi oksidatif, respirasi sel, dehidrogenasi, dan sisitem transfer elektron.

Baca juga: Pengertian Mitokondria Lengkap dan Mudah Difahami

8. Lisosom

Gambar Lisosom
Gambar Lisosom

Lisosom adalah suatu organel didalam inti sel, berbentuk bulat yang berdiameter sekitar 0,25 hingga 0,5 um serta terikat membran yang didalamnya terdapat enzim hidrolitik yang berfungsi sebagai alat kontrol pencernaan didalam sel.

Baca: Pengertian Lengkap Lisosom

9. Vakuola

Gambar Vakuola
Gambar Vakuola

Vakuola adalah salah satu organel inti sel berbentuk ruangan yang berisi cairan yang diselaputi membran. Pada sel hewan vakuola berukuran kecil, sedangkan pada sel tumbuhan ukurannya variatif. Pada sel tumbuhan yang sudah tua ukuran vakuola tampak besar.

10. Plastida

Gambar Plastida
Gambar Plastida

Plastida adalah organel didalam inti sel, berbentuk variatif serta berisi sebuah cairan yang kaya akan protein. Plastida mengandung klorofil (pigmen hijau) yang disebut dengan kloroplas.

Baca: Pengertian Klorofil secara Lengkap

11. Sentrosom

Gambar Sentrosom
Gambar Sentrosom

Sentrosom adalah organel didalam inti sel yang berfungsi mitosis maupun metosis sel. Sentrosom hanya dapat ditemukan pada sel hewan saja. Sentrosom memiliki bentuk menyerupai bintang.

Baca: Pengertian sel prokariotik |Pengertian sel eukariotik

Video Pengertian Sel

Demikian penjelasan tentang sel, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita. Semoga bermanfaat…

Avatar
Founder and CEO pusatilmupengetahuan.com, saintek.id, layananweb.site, & buatkelas.online. Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...