Suka Baca Novel?, Kamu Wajib Tahu! 6 Manfaat Membaca Novel Berikut..

Diposting pada

Kalian termasuk tipe yang mana, suka membaca Novel atau tidak suka membaca Novel? jika kalian suka membaca Novel pastinya kalian tau apa saja genre Novel. Nah ini dia macam-macam genre Novel: genre fiksi, non-fiksi, horor, teenfiction (fiksi remaja), fantasy, fiksi umum, fiksi ilmiah, fiksi sejarah, humor, Romance dll.

Genre fantasy, teenfiction dan thiller, menjadi favorite sebagian pembaca. Apa lagi jika plot twistnya sangat bagus, mungkin pembaca semakin tertarik, dan jika bahasanya mudah dimengerti dan konfliknya menarik pasti akan semakin suka, betul tidak?

Tetapi ada juga yang tidak suka membaca novel, alasanya seperti, bukunya terlalu tebal, malas membaca, tidak asyik dan lain sebagainya. Padahal membaca novel Itu Banyak sekali manfaatnya.

|Baca Juga: 8 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca

Manfaat Membaca Novel

Mungkin ada yang belum tau apa saja manfaat membaca novel.

Nah, ini dia…
6 Manfaat Membaca Novel.

1. Meningkatkan Imajinasi

Jika kalian membaca Novel, pasti selalu ber-imajinasi atau membayangkan suatu kejadian di dalam Novel, betul kan? pastinya, ber-imajinasi memudahkan kalin menagkap suatu peristiwa, latar, bahkan tokoh.
Bayangan kalian mungkin berbeda ada yang membayangkan tokoh seperti artis idolanya, temannya, bahkan dirinya sendiri.
Bayangan Latar tempat, kalian pastinya Akan membayangkan tempat yang bagus dan menarik, percayalah ber-imajinasi itu asyik, Kalian bisa seperti benar-benar ada di dalam cerita.
Nah, jika kalian terbiasa ber-imajinasi kalian akan mudah berimajinasi, membayangkan sesuatu secara cepat, mudah dan menarik, bahkan meningkatkan Imajinasi kalian, Tetapi jika kalian tidak suka Ber-imajinasi pastinya kalian akan sulit membayangkan sesuatu.

2. Meningkatakan Daya Ingat

Jika kalian sudah Membaca Novel, pastinya kalian akan ingat Suatu kejadian yang ada dalam novel. Entah itu kejadian paling menarik, menyedihkan bahkan lucu.

Mengingat suatu kejadian terkadang membuat kita berfikir, hingga menemukan titik temu, tetapi jika sudah terbiasa mengingat, pastinya akan mudah ingat dengan suatu peristiwa atau kejadian.

Dalam kehidupan sehari-hari daya ingat kalian akan menjadi kuat, kalian bisa mengingat sesuatu dengan mudah. Jika terbiasa, daya ingat kalian semakin meningkat. Itu akan bermanfaat bagi otak kalian. Suka kan jika daya ingat kalian meningkat?

3. Mudah Mengolah Perasaan

Hayo, Kalian Sering Baper kan jika membaca Novel? apa lagi membaca Novel fiksi Remaja, pastinya tambah baper, baper dengan karakter tokoh, peristiwa manis , bahkan, Baper dengan peristiwa menyedihkan. Kalian mungkin merasa perasaan kalian di guncangkan, merasa benar-benar tersentuh, itu sangat asyik sekali. Perasaan kalian sangat mudah di atur. Bisa saja sedih, kemudian tertawa, menarik sekali.

Jika kalian terbiasa tersentuh atau baper ketika membaca novel, itu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, karena kalian akan mudah mengerti perasaan seseorang, pastinya kalian akan menempatkan diri kalian di posisi seseorang itu.

Jika sesorang sedih, kalian mungkin juga akan merasa sediha, jika sesorang bahagia kalian juga akan merasakan kebahagiaan, bahkan jika seseorang banyak masalah, kalian bisa membantu menyelesaikan dengan baik dan dengan perasaan yang baik. Sangat Bermanfaat, Bahkan sangat membantu.

4. Mendapatkan Banyak Pelajaran Kehidupan

Banyak kan pelajaran yang bisa kalian ambil dari membaca novel?
Contohnya, pasangan, cinta mengajarkan kita untuk setia kepada pasangan, mencintai pasangan kita setulus hati dan tidak menghianati pasangan kita.

  • Keluarga, sesama Keluarga Harus saling menyayangi dan tidak boleh membenci.
  • Persahabatan, sahabat sejati tidak akan pergi meninggalkanmu walaupun Semua orang membencimu, Sahabat juga akan menjadi penolongmu ketika sedih dan terluka.
  • Karakter, kita harus bersikap baik kepada semua orang, kita tidak boleh melukai seseorang, dan kita harus menghargai sesorang.

Nah, itu dia contoh pelajaran yang ada dalam novel, kalian mungkin akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, itu semua sangat bermanfaat, membuat kalian manjadi pribadi yang lebih baik. Jika sebelumnya tidak tau tentang palajaran itu, mungkin kalian tidak akan menerapkannnya, tetapi jika kalian sudah tau, kalian akan menerapkannya untuk kehidupan sehari-hari. Selain mendapat pelajaran jika kalian berbuat baik, kalian akan mendapatkan pahala.

5. Menambah Gaya Bahasa Baru

Dalam Novel, banyak sekali gaya bahasa yang di gunakan oleh penulis, Setiap penulis mengunakan gaya bahasa yang berbeda dan tentunya unik. Yang biasanya terkenal adalah gaya bahasa zaman now yang kekinian.

Jika kalian tau gaya bahasa yang unik, pastinya kalian akan tertarik untuk mengunakannya, tentunya kalian juga pastinya tidak hanya menemukan satu gaya bahasa yang unik, tetapi sangat banyak, dan Itu semua Sangat unik untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi jika akan menerapkan gaya bahasa baru, terapkan gaya bahasa yang menarik dan tidak memiliki arti yang kurang baik.

6. Menambah Kosakata Baru

Dalam novel tentu saja banyak kosakata, mulai Dari kosakata terdahulu sampai kosakata baru dan kekinian, mungkin kalian hanya tau beberapa kosakata, dengan membaca pastinya kosakata kalian akan terus bertambah dan melekat dalam otak.

Kosakata-kosakata Ini sangat bermanfaat bagi kalian, jika kalian suka menulis kosa kata ini akan membantu kalian dalam menulis, dan jika kalian tidak suka menulis, kosakata ini bisa di terapkan pada kehidupan sehari-hari, juga sangat berguna untuk mengerjakan tugas, merangkai sebuah kata dan sebuah kalimat menjadi satu.

Nah, itu dia 6 manfaat membaca novel. Jadi mulai sekarang membaca novel yuk! agar mendapatkan manfaat baik bagi kehidupan.

Jika kalian membaca novel, pastinya tidak rugi, bahkan kalian akan bahagia karena mendapat manfaat baik dari membaca novel.

Share on print
PRINT ARTIKEL