Teknik Pertambangan | Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Diposting pada

Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya – Dalam proses penambangan ada tiga hal pokok yang dilakukan yaitu: eksplorasi, eksploitasi dan pengolahan. Eksplorasi adalah proses menemukan mineral berharga. Eksploitasi adalah proses penambangan mineral ini.

Apa itu Teknik Pertambangan?

gambar pertambangan

Teknik pertambangan merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari mengenai proses penambangan mineral dan batubara dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Saat kita akan menambang emas, perlu juga diketahui apakah proses penambangan yang akan dilakukan menguntungkan atau tidak. Berarti? Sifat mineral, kegunaannya, cara menambangnya, dan cara mengolahnya agar dapat dimanfaatkan oleh manusia harus dipertimbangkan dari sudut pandang ekonomi.

Maka dari itu di program studi Teknik Pertambangan juga akan mempelajari ilmu ekonomi terkait dengan proses penambangan mineral.

Mempelajari pertambangan minyak bumi dan gas bumi dilakukan oleh program studi lain yaitu Teknik Perminyakan. Sifat minyak bumi dan mineral berharga yang berbeda menyebabkan proses penambangan yang berbeda. Program Studi Teknik Pertambangan akan membantu mahasiswa mengembangkan pengetahuannya tentang pertambangan dengan menyediakan fasilitas pendukung dan berbagai metode pembelajaran.

Prospek kerja Industri Pertambangan

prospek kerja jurusan teknik pertambangan
  1. Batubara: PT. Tambang Batubara Bukit Asam, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Arutmin Indonesia, PT. Adaro, PT. Berau Coal, PT. Tanito Harum, PT. Allied Indo Coal, BHP, dll.
  2. Tembaga / Emas: PT. Aneka Tambang, PT. Freeport Indonesia, PT. Tambang Khatulistiwa Kelian, PT. Rio Tinto Indonesia, PT. Newmont Minahasa, PT. Newmont Nusa Tenggara.
  3. Nikel: PT. Aneka Tambang (Pomalaa), PT. INCO, dll.
  4. Timah: PT. Tambang Timah, PT. Koba Tin, dll.
  5. Pasir Besi: PT. Aneka Pertambangan (Cilacap), dll.
  6. Mineral Industri: Perusahaan yang bergerak di bidang komoditi: kaolin, fosfat, granit, marmer, gypsum, tanah liat, feldspar, bentonit, kuarsa, batugamping, zeolit, trass, barit, andesit, gipsum, pasir, belerang.
  7. Industri Lainnya
  8. Kontraktor / Alat Berat: PT. United Tractor, PT. Pamapersada Nusantara, PT. Trakindo Utama, PT. Cipta Kridatama, dll.
  9. Semen: PT. Cibinong Semen, PT. Semen Gresik, PT. Indocement, PT. Semen Padang, dll.
  10. Pertamina
  11. Perusahaan Pembangkit Listrik
  12. Jasa / Konsultan Umum
  13. Perbankan, Bursa Efek
  14. Konsultan Pertambangan
  15. Pemerintah
  16. Birokrat
  17. Dosen, Peneliti (LIPI, BPPT, P3TM, Penelitian dan Pengembangan Industri, dll.)

Peningkatan Peluang bagi Wanita

Pekerjaan di sektor pertambangan dan minyak dan gas seringkali bercirikan lingkungan kerja yang jauh, kerja fisik yang berat dan shift kerja yang panjang. Banyak perusahaan pertambangan dan minyak dan gas bekerja keras untuk memperbaiki hal ini dan masalah lainnya yang menghalangi partisipasi perempuan di sektor pertambangan dan minyak dan gas. Peluang baru bagi perempuan diciptakan melalui:

  1. Paket kerja yang fleksibel
  2. Jadwal kerja yang ramah ibu
  3. Seragam yang cocok
  4. Anak-anak di tempat kerja
  5. Kondisi kerja yang nyaman
  6. Tarif gaji yang menarik
  7. Lingkungan kerja yang menghormati gender
  8. Cuti hamil yang diperpanjang
  9. Fasilitas Menyusui
  10. Perumahan untuk pasangan

Wanita Bisa Masuk Industri Pertambangan?

Seiring dengan pertumbuhan industri pertambangan dan minyak dan gas, perusahaan pertambangan dan minyak dan gas semakin merekrut orang-orang dan perempuan berkualitas yang dapat membantu memenuhi peran pekerjaan terampil. Anda dapat memenuhi kualifikasi di bidang berikut, bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya di bidang pertambangan dan minyak dan gas.

Peranan Wanita di Industri Pertambangan

Peranan Wanita di Industri Pertambangan

1. Bidang Ilmiah

Wanita dengan gelar sains universitas sangat diminati. Pekerjaan pertambangan dan minyak dan gas tersedia untuk wanita yang memenuhi syarat di bidang geologi, geo-sains, surveyor, teknik, teknik kimia, ilmu sosial, manajemen lingkungan dan teknik mesin, dll.

2. Bisnis

Tentu saja pertambangan dan migas adalah “bisnis besar”. Ini membuka pintu bagi wanita dengan gelar bisnis, terutama di bidang manajemen, akuntansi, manajemen proyek, sumber daya manusia dan kesehatan dan keselamatan kerja.

3. IT

Industri teknik pertambangan sedang berkembang, sehingga harus didukung oleh teknologi informasi (IT) dan software.

Baca Juga:Informasi dan Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Wanita dapat mencari pekerjaan di bidang TI, termasuk manajemen basis data, rekayasa sistem, meja bantuan, sistem pendukung, dan pemrograman perangkat lunak.

4. Berbasis Teknis

Teknisi Listrik, Boiler, Welder dll. Hanya saja, memang lapangan ini masih banyak diisi oleh laki-laki.

5. Pekerjaan Berat

Saat ini, semakin umum ditemukan wanita yang bekerja sebagai pengebor, pengemudi truk, operator dump truck, atau operator seluler (mengemudi front-end loader, bulldozer, excavator, backhoe, grader, scapers, dan truk forklift). Anda akan membutuhkan Pelatihan dan Pengembangan yang tepat untuk mengambil peran ini.

6. Kualitas Lainnya

Mari berpikir di luar kotak. Banyak pekerjaan di bidang pertambangan dan migas yang membutuhkan tenaga-tenaga berkualitas di bidang nonmigas. Itulah pembahasan mengenai Teknik Pertambangan yang harus kalian ketahui, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.