Teks Cerita Sejarah : Pengertian, Fungsi, Struktur Dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian teks cerita sejarah merupakan hal penting yang harus kita pelajari. Selain untuk mengetahui cerita masa lalu, belajar sejarah juga akan membuat kita terhindar dari mengulangi kesalahan yang di buat oleh pendahulu kita.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah suatu teks yang didalamnya berisi penjelasan atau cerita mengenai kejadian atau fakta yang terjadi di masa lalu. Fakta pada teks cerita merupakan latar belakang terjadinya suatu peristiwa yang memiliki nilai sejarah.

Mengetahui sejarah juga akan membuat kita menghargai apa yang kita miliki saat ini.

Sebagai contoh, bangsa Indonesia wajib tahu tentang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peristiwa bersejarah tidak hanya menjadi kisah yang diturunkan oleh pendahulu kita. Namun juga harus membuat kita dapat mengambil hikmah yang ada di dalamnya.

Jangan sampai generasi penerus melupakan sejarah, karena sama saja menghilangkan identitas kita.

Pentingnya sejarah bagi generasi penerus membuat pentingnya cara untuk mengajarkan pengertian cerita sejarah secara lengkap. Cerita bersejarah pada lingkup sekolah dapat disampaikan dalam pelajaran sekolah seperti mata pelajaran bahasa.

Teks cerita sejarah dapat disampaikan melalui tulisan yang memudahkan untuk mempelajari kisah sejarah itu.

Apa Itu Kisah Sejarah?

Kisah Sejarah

Kisah sejarah merupakan kisah fakta kejadian pada waktu lampau, mengandung nilai esensial untuk dipahami angkatan penerus. Kisah sejarah bisa dalam bentuk bacaan yang penulisannya berlandaskan pada catatan serta bukti sejarah yang otentik.

Dengan bacaan ini memudahkan kita untuk mendalami dan memahami sebuah cerita bernilai sejarah.

Cerita sejarah berbentuk bacaan atau teks tersebut kebanyakan bermuatan tentang sebuah kejadian dalam sejarah yang berdampak sangat besar.

Hal yang menjadi dasar terjadinya suatu peristiwa besar serta awal suatu sejarah dikisahkan juga dalam bacaan itu. Perkembangan sejarah menjadi muatan utama dalam kisah sejarah.

Fungsi Teks Cerita Sejarah

Fungsi teks cerita sejarah dalam bentuk bacaan atau tulisan ini adalah bekaitan dengan pendidikan berdasarkan pengalaman di waktu lampau. Inilah, fungsi umum dari sebuah cerita bersejarah.

1. Memberikan Inspirasi

Saat membaca mengenai kisah sejarah lampau kita akan mendapatkan berbagai hal baru seperti buah pikiran, fantasi juga kreativitas dalam kehidupan berbangsa yang semakin bagus.

2. Instruktif (Membangun)

Maksudnya adalah bahwa didalam sebuah cerita sejarah bisa dipakai untuk membantu kita dalam proses belajar tentang moral dan kehidupan.

3. Rekreatif

Selain memberikan manfaat berupa instruktif, saat membaca kisah dengan nilai sejarah kita juga akan merasakan perasaan bahagia serta gembira.

4. Edukatif

Karena sebuah kisah terlebih mengandung nilai sejarah dapat dijadikan panutan bagi manusia menyangkut perilaku dalam kehidupan.

Struktur Cerita Sejarah

Setelah mengetahui pengertian cerita sejarah sekaligus fungsinya, sebaiknya mengetahui juga mengenai struktur penulisannya.

Struktur dalam penulisan kisah yang mengandung sejarah hampir sama dengan penulisan cerita pada umumnya. Supaya lebih jelasnya, berikut ini penjabaran mengenai struktur penulisan sebuah kisah sejarah.

1. Orientasi (Pengenalan Situasi Kisah)

Bagian orientasi meenceritakan dan memperkenalkan semua hal berkaitan dengan latar belakang dari suatu kisah sejarah beserta tokoh-tokohnya.

Latar belakang pada bagian orientasi mencakup waktu beserta tempat serta hal yang menyebabkan terjadinya peristiwa itu.

Pengenalan situasi cerita yang bagus akan membawa pembaca masuk ke dalam suasana yang terjadi pada masa sejarah yang diceritakan.

2. Pengungkapan Peristiwa

Pengertian cerita sejarah yang tertuang dalam format teks pada struktur bagian ini, mulai di kisahkan insiden pada cerita sejarah itu. Potensi terjadinya masalah demi masalah akibat deretan kejadian tadi akan mulai di temukan di sini. Pertentangan mulai muncul untuk menyerang tokoh utama dan tokoh pendukungnya.

3. Konflik Dan Klimaks

Berbagai kejadian yang telah dirangkai pada situasi sebelumnya, akan muncul menjadi konflik. Konflik atau masalah tersebut melawan pemeran utama serta para pendukung di sekelilingnya.

Konflik menjadi semakin panas dan genting, memberi tekanan terhadap tokoh utama serta pendukungnya. Di bagian ini merupakan klimaks dari semua konflik yang timbul.

4. Penyelesain Atau Bagian Akhir

Bagian akhir menjelaskan tentang konflik pada kejadian dalam cerita sejarah sebelumnya yang pada akhirnya dapat diselesaikan. Penyelesaian masalah tersebut bisa berupa akhir yang positif maupun sebaliknya.

Namun, sebagian cerita bersejarah terkadang belum ada kejelasan akhir kisahnya. Dengan membaca artikel mengenai pengertian cerita sejarah, membuat kita menjadi paham strukturnya dalam bentuk bacaan.

Jenis Cerita Sejarah

Kisah bersejarah berbentuk bacaan ini, terbagi dua bagian yakni kisah sejarah non fiksi serta kisah sejarah fiksi.

Kedua bentuk atau jenis kisah sejarah ini masih terbagi menjadi beberapa bagian. Nah, kita simak saja penjelasan detail tentang jenis cerita sejarah non fiksi dan fiksi ini.

1. Cerita Sejarah Non Fiksi

Kisah sejarah non fiksi yaitu cerita yang penulisannya sangat akurat sinkron dengan peristiwa yang terjadi dalam sejarah aslinya. Tidak ada pengurangan atau penambahan.

Tidak adanya tambahan apapun maka peminat cerita sejarah jenis non fiksi ini hanya akan menjadi pecinta sejarah saja. Cerita non fiksi di antaranya berupa cerita perjalanan, biografi dan autobiografi.

2. Cerita Sejarah Fiksi

Kisah sejarah berbentuk fiksi mempunyai alur cerita dan karakter yang diciptakan penulis, hanya latar belakang kisahnya mengambil dari kisah sejarah yang ada. Cerita jenis fiksi lebih banyak di gemari karena ada bumbu romantis serta alur yang menghibur.

Namun, inti dari kisah sejarahnya masih kental di dalamnya sehingga pembaca tetap bisa mempelajari sejarah dalam kisah berbentuk fiksi. Inilah, beberapa contoh kisah bersejarah berbentuk fiksi.

3. Legenda

Legenda merupakan contoh cerita sejarah berbentuk fiksi pertama yang akan diulas dalam artikel pengertian cerita sejarah. legenda merupakan sebuah prosa dari cerita rakyat yang ditulis menjadi suatu kisah dengan latar belakang masa lalu.

Dalam legenda mengandung harkat moral kehidupan bermasyarakat. Tidak sedikit masyarakat mempercayai legenda merupakan kisah nyata, namun sebagian lagi menganggap hanya sebuah cerita saja.

4. Cerpen

Cerita pendek kerap disebut cerpen merupakan cerita sejarah dalam bentuk fiksi menceritakan tentang kehidupan manusia yang tertuang dalam sebuah tulisan ringkas.

Pengertian cerpen yang lain yaitu sebuah kisah singkat yang berisi buah pikiran berbentuk khayalan. Suatu tulisan bisa masuk dalam kategori cerita pendek apabila total kata di bawah 10 ribu kata atau sekitar 10 halaman. Cerita pendek hanya terpusat pada seorang tokoh saja.

5. Novel

Novel adalah salah satu jenis cerita yang paling banyak diminati baik berupa cerita sejarah atau cerita lain.

Oleh karena itu novel dipilih untuk diulas sebagai contoh karya imajinatif dalam artikel mengenai pengertian cerita sejarah.

Berbeda dengan cerpen, novel merupakan sebuah karya yang menceritakan seorang tokoh beserta tokoh lain di sekitarnya lengkap dengan sifat serta wataknya. Cerita dalam novel sangat panjang dan biasanya dibuat buku.

6. Roman

Bagian dari prosa yang melukiskan tindakan pelakunya bedsarkan akhlak dan karakter masing-masing tokoh disebut sebagai roman. Kisah sejarah berbentuk roman merupakan bentuk prosa baru.

Di dalam prosa baru tersebut diceritakan sejarah dari manusia dalam kehidupan menghadapi lingkumgan. Kisah hidup seorang manusia dalam roman dikaitkan dengan kepribadian dan isi jiwa mereka.

Inilah pengertian teks cerita sejarah dengan fungsi, struktur serta jenisnya yang telah diulas dengan lengkap.

Banyak cara untuk mempelajari sejarah termasuk dengan menikmati karya-karya indah nan menghibur jiwa. Belajar sejarah dapat membuat kita semakin matang dalam berfikir dan berbuat untuk kehidupan kita.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.