Terbungkus Jasad Sang Pemalas - Hamdan KZ

Terbungkus Jasad Sang Pemalas

Diposting pada

“Jiwa muda nan bersahaja, telah tampak di ujung mata. Julukan indah pun telah disematkan, sebagai tulang punggung peradaban. Setinggi langit membumbung harapan padanya. Harapan pendiri bangsa yang menunggu peranannya.

Namun senyuman sang mentari harus berubah menjadi kesedihan. Ternyata hayalan tak seindah kenyataan. Ia habiskan waktu bermalas ria di kasur empuknya. Rebahan tak berarti, melukai hati-hati yang telah menaruh asa padanya. Semesta bersedih melihatnya lambat laun menjadi sampah peradaban.

Para pemalas, kalian adalah pengkhianat. Maafkan lisan yang berkata terlalu tajam. Laksana samurai yang membelah dada mengalirkan darah. Namun kau perlu untuk diingatkan dengan sedikit sentilan. Agar engkau terbangun dari tidur panjang yang tak berujung.

Engkau telah mengkhianati nikmat yang telah diberikan. Kesehatan dan waktu luang tak kau gunakan dengan semestinya. Engkau tak bijak memanage waktu. Engkau tak elok memanfaatkan peluang.

Raga yang masih bugar. Akal yang begitu cerdas. Mata yang amat jernih. Telinga yang mendengar dengan jelasnya, tak engkau fungsikan dalam kebaikan.

Teringat perkataan pahlawan bangsa bernama Buya Hamka:

“Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah”

Engkau egois, hanya memikirkan diri sendiri. Seakan kau bukan makhluk sosial, yang membutuhkan dan dibutuhkan.

Kau habiskan waktu sesukamu, sekehendak hatimu. Seakan lupa, bahwa hangatnya mentari akan berganti dinginnya malam. Bahwa masa muda akan segera berlalu, tergantikan oleh masa tua yang mungkin tak engkau sadari.

Sadarlah!

Engkau adalah pemimpin di muka bumi. Berhentilah menjadi tawanan dari tubuh yang malas. Bangkitlah, dan goreskan karya terbaikmu. Niscaya engkau akan menjadi manusia terbaik sebagaimana sabda sang Nabi. Bahwa manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain.

Bangunlah dari tidurmu, lalu wujudkan mimpi menjadi kenyataan.

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com