Beranda How to do anything Bisnis dan Keuangan Tips Bisnis Saat PandemI, Dijamin Cuan!

Tips Bisnis Saat PandemI, Dijamin Cuan!

117
0

Terus mewabahnya pandeml membuat banyak pengusaha mengalami kebangkrutan. Agar tidak mengalami hal yang sama ada baiknya untuk merubah konsep penjualan. Tips bisnis saat pandeml yang tepat sangat diperlukan saat situasi seperti sekarang ini.

Untuk membantu Anda menjalankan bisnis di tengah pandeml seperti saat ini, kami telah merangkumkan beberapa strategi bisnis yang bisa diterapkan. Agar lebih jelasnya simak penjelasannya pada tulisan di bawah ini.

1. Membuat Layanan Online Food Delivery

Saat pandeml seperti sekarang ini, pemerintah akan menerapkan pembatasan untuk tidak berkerumun atau ke luar rumah. Hal itu berdampak kepada pebisnis karena mengalami penurunan omset yang sangat drastis.

Dengan menerapkan layanan Online Food Delivery, Anda bisa bekerja sama dengan ojek online yang tersedia untuk mengantarkan pesanan makanan ke rumah pelanggan. Contoh jasa delivery langsung seperti GoFood dan GrabFood.

2. Gunakan Pembayaran Mobile Payment

Dengan berkembangnya teknologi, pembayaran pada saat ini bisa dilakukan dengan mobile payment. Hal tersebut sangat dianjurkan sekali, dikarenakan dapat menghindari terkena dari uang yang sering berpindah tangan.

Pada saat ini sudah banyak sekali mobile payment yang sudah diawasi oleh OJK seperti Gopay, OVO, Dana, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan mobile payment ini agar usaha bisa tetap berjalan lancar.

3. Menganalisis Strategi Bisnis

Tips bisnis selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah menganalisis strategi bisnis. Cara ini diharapkan dapat membantu secara signifikan dalam usaha Anda. Salah satunya bisa dengan menggunakan pertanyaan di bawah ini :

  • Promosi apa yang sangat efektif untuk usaha ?
  • Apabila modal ditambah atau dikurangi apakah berpengaruh terhadap penjualan ?
  • Produk apa yang sering dibeli oleh pembeli ? dan dari mana dia membeli ?

4. Meningkatkan Inovasi Produk

Hal yang perlu dilakukan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah terus berinovasi. Baik pada masa pandeml ataupun tidak. Inovasi produk bisa menimbulkan hal yang baru, yang membuat produk Anda semakin berbeda dari produk lainnya.

Anda dapat melakukan inovasi dari segi rasa, kemasan, model, dan lain sebagainya. Hal itu juga akan menghindari kebosanan para pembeli. Terlebih lagi bisa menjadikan daya kreatif semakin meningkat. Jangan pernah takut gagal dalam berinovasi.

5. Meningkatkan Komitmen Kepada Pelanggan

Dengan adanya pandeml haruslah tetap bisa meyakinkan pelanggan, bahwa Anda masih dapat memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya jika terdapat costumer yang ingin memesan akan tetapi tidak bisa datang langsung, Anda bisa menggunakan jasa GoFood / GrabFood.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

Atau bisa juga mengantarkan ke rumah costumer secara langsung. Ide jemput bola ke rumah-rumah pelanggan ini akan menunjukan keseriusan Anda dalam melayani para pelanggan. Merekapun merasa lebih aman dan nyaman, tanpa harus repot-repot ke luar rumah.

Jika saat ini Anda mengurangi kualitas produk dan layanan bisnis, hal itu akan sangat berdampak kepada usaha yang sedang dijalani. Jadi pelayanan prima harus tetap diberikan di tengah kondisi yang serba sulit.

6. Memberikan Promo Bagi Pelanggan

Cara agar perusahaan tidak mengalami kebangkrutan berikutnya adalah memberikan promo. Contoh yang bisa Anda lakukan seperti memberikan voucher promo pada produk yang dijual. Misalnya harga produk 15.000, maka Anda bisa menjualnya dengan 40.000 saja jika membeli 3.

Jika menjual makanan, Anda bisa menggunakan voucher gratis ongkir untuk pembelian selanjutnya dengan syarat tertentu. Hal tersebut nantinya akan mendatangkan costumer yang lebih banyak lagi. Sehingga usaha tidak sepi pembeli.

7. Mengatur Jam Kerja Karyawan

Pada saat pandeml seperti sekarang, diharuskan untuk mematuhi peraturan pemerintah. Salah satunya menjauhi kerumuman dan menggunakan masker. Jika usaha Anda memiliki karyawan yang sangat banyak, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur jam kerja.

Dengan mengatur jam kerja, karyawan akan mendapatkan waktu lebih banyak untuk beristirahat di rumah, sehingga tidak mudah terkena. Mengatur jam kerja tentunya bisa menghindari kerumunan karyawan.

Nah, itulah beberapa tips bisnis saat pandeml yang bisa diterapkan. Anda tidak akan pernah tahu keberhasilannya sebelum berani mencobanya. Jangan ragu untuk memulai tips-tips tersebut ya. Semoga berhasil.

Artikulli paraprakPenyakit Mythomania (Pembohong yang Percaya Pada Kebohongannya)
Artikulli tjetërCara Memulai Kemitraan Frozen Food

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.