11 Tips Bisnis yang Selalu Dibutuhkan Sepanjang Masa

Diposting pada

Tips bisnis sepanjang masa semakin banyak dicari. Hal ini karena memulai bisnis atau berwirausaha adalah keinginan sebagian besar anak muda. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memilih untuk berkarir sebagai PNS atau kerja di BUMN dengan penghasilan yang pasti dan jaminan hari tua.

Anak muda sekarang berpikir kreatif dan alih-alih berharap mendapat pekerjaan, mereka berpikir bagaimana membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Tren ini tentu perlu didukung agar kelak bangsa kita tak lagi hanya menjadi bangsa konsumtif namun juga menjadi bangsa yang produktif.

Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah. Butuh niat, keseriusan, dan konsistensi yang kuat agar sampai pada kesuksesan dan bermanfaat bagi orang lain. Nah, buat kamu anak muda yang memiliki impian untuk berbisnis dan memulai usaha, di bawah ini ada beberapa tips tentang bisnis yang tak lekang oleh waktu. Pelajari, praktekkan, dan kuasai, maka kamu akan mampu mengembangkan bisnismu.

1. Kemampuan Berkomunikasi

Ilustrasi Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangatlah penting karena dalam berbisnis kamu tentu akan bertemu dengan banyak orang. Baik klien, supplier, kurir, anggota timmu, hingga investor. Maka kamu perlu memahami berbagai macam gaya berkomunikasi agar pesan yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan baik.

Tentu berbeda ketika kamu berbicara dengan klien atau customer dengan kamu berbicara kepada investor. Maka banyak-banyaklah mengasah kemampuan komunikasi kamu dan bertemu dengan banyak orang ya.

2. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu

Salah satu ekspektasi menjadi pebisnis adalah bekerja tanpa terikat jam kantor. Namun setelah dijalani, realitanya adalah harus bekerja kapanpun karena kamu harus mengerjakan semuanya sendiri. Terutama jika baru merintis dan belum punya SDM yang cukup.

Oleh karena itu kemampuan manajemen waktu sangat diperlukan. Kamu harus tau kapan kamu bekerja, kapan menemui klien atau investor, kapan kamu beristirahat. Tipsnya kamu bisa bikin to do list dan jadwal dalam sepekan atau sebulan, agar pekerjaan dan waktumu tertata rapi.

3. Pebisnis Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas

Pebisnis Punya Tujuan yang Jelas

Sebelum mulai berbisnis wajib untuk memiliki goal apa yang ingin kamu capai dari bisnismu. Dan tujuan ini nggak harus selalu duit.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis?

Misal berjualan hijab syari modis kekinian agar semakin banyak muslimah di Indonesia yang menutup aurat, atau menjual makanan olahan jamur agar memberdayakan petani jamur. Jika kamu punya tujuan yang jelas, percayalah kamu tidak akan mudah untuk menyerah di tengah jalan.

4. Mendelegasikan Pekerjaan

Mendelegasikan Pekerjaan

Awal memiliki bisnis, bisa jadi kamu mengerjakan semuanya sendiri. Seperti menghubungi supplier, mendesain produk, mengemas produk, mengirimkan produk, memasarkan produk, membuat konten produk di medsos.

Kemampuan mendelegasikan pekerjaan ini yang umumnya seringkali dilupakan oleh seseorang yang hendak memulai bisnis.

Namun seiring bisnis kamu berkembang tentu kamu butuh untuk merekrut orang untuk membantumu menjalankan bisnis seperti admin atau bagian keuangan. Nah di sini kamu perlu untuk mentraining mereka dan memberikan jobdesk yang jelas. Agar pegawaimu bisa mengerjakannya sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

5. Keterampilan Berbicara di Depan Umum

Berbicara di Depan Umum.jpg

Sebagai pebisnis perlu untuk memiliki kemamuan public speaking atau berbicara di depan khalayak. Seperti presentasi produk hingga promosi ketika mengikuti bazaar atau pameran.

Kamu harus mampu berbicara dan meyakinkan calon pembelimu agar yakin dan tertarik untuk membeli produkmu. Kemampuan ini juga berguna ketika kamu harus presentasi di depan calon investor.

6. Membangun Relasi dan Koneksi

Membangun Relasi dan Koneksi

Sebagaimana disebut di awal, pebisnis butuh komunikasi dan menjaga relasi dengan baik demi kelancaran bisnisnya.

Hal tersebut merupakan bagian yang cukup penting dari tips bisnis sepanjang masa.

Banyak sekali bantuan tak terduga yang bisa datang dari relasi dan koneksi yang kamu miliki. Oleh karena itu kamu harus rajin rajin memperluas koneksimu ya

7. Passion dan Tekad yang Kuat dalam Menjalani Bisnis

Passion dan Tekad yang Kuat dalam Menjalani Bisnis

Memiliki passion artinya memiliki minat yang besar akan bisnis yang sedang digeluti.Jangan sampai kamu berbisnis barang atau jasa yang tidak kamu sukai hanya gara-gara iming-iming untung yang berlimpah. Karena jika kamu tidak enjoy, maka kamu akan stress, dan tidak maksimal dalam menjalankan bisnismu.

Baca Juga: 8 Langkah Jitu Mengetahui Passion yang Kamu Miliki

Bahkan bisa jadi bangkrut dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Jadi berbisnislah mulai dari apa yang kamu suka dan enjoy menjalaninya. Jika kamu suka makan, bisa mulai usaha cemilan, suka memasak bisa mulai usaha catering.

8. Memiliki Sopan Santun dan Perilaku yang Baik

Sopan Santun dan Perilaku yang Baik

Ini adalah tips yang berlaku di seluruh aspek kehidupan tanpa terkecuali dalam dunia usaha. Kamu perlu tau apa saja etika dalam berbisnis. Misalnya, Jangan sampai kamu mencomot foto dari olshop/selebgram tanpa ijin dan memakainya secara gratis untuk produk jualanmu. Usahamu tidak berkah karena kamu mengambil dengan cara haram dan orang yang kamu ambil tidak ridha dengan kelakuanmu.

9. Kemampuan Beradaptasi dan Fleksibilitas

Adaptasi dan Fleksibilitas

Kemampuan ini sangat teruji pada tahun ini. Ketika pandemi menyerang dan hampir seluruh usaha mengalami penurunan omset dan bahkan gulung tikar. Pebisnis yang mampu fleksibel dan beradaptasi akan bertahan seperti Pizza Hut yang akhirnya menajajakan Pizza nya di pinggir jalan.

Atau usaha rumah makan yang akhirnya beralih menjadi berjualan frozen food. Sebagai pebisnis kamu haru mempersiapkan ketika bisnismu berada di titik terendah dan bagaimana cara untuk beradaptasi dan menyelamatkan bisnis.

10. Keterampilan Berinovasi dalam Produk dan Pelayanan

Keterampilan Berinovasi dalam Produk dan Pelayanan

Bisnis tanpa inovasi akan mati. Bahkan perusahaan besar pun terus berinovasi agar bisnisnya semakin berkembang. Semisal kamu berjualan keripik tempe dan laku keras, kamu bisa berinovasi dengan berjualan kripik singkong, kripik tahu, dan aneka kripik lainnya. Semakin banyak inovasi produkmu maka akan semakin mudah untuk menjangkau banyak pembeli.

11. Keinginan untuk Terus Belajar

Keinginan untuk Terus Belajar

Istilah kerennya adalah mengosongkan gelas sebelum kita mengisinya lagi. Kadang kita mendengar ilmmu dan merasa ah aku udah tau atau ah aku kan udah pernah belajar hal itu. Dan akhirnya kita meremehkan.

Namun dalam dunia bisnis, ilmu yang diajarkan antara satu guru atau mentor dengan lainnya tidak 100% sama. Karena mereka punya perjalanan bisnis masing masing dan memberikan ilmu sesuai apa yang sudah mereka lalui. Semakin banyak kamu belajar, maka wawasanmu akan semakin terbuka tentang dunia bisnis dari jatuh bangun para mentormu sehingga kamu tak perlu mengulanginya dari awal.

Itulah 11 tips bisnis sepanjang masa untuk kamu yang hendak terjun dan berkecimpung menjadi wirausaha. Buat kamu anak muda, yuk mulai bisnis sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.