Tips Hemat Untuk Pelajar

Tips Hemat Untuk Pelajar

Diposting pada

Banyak pelajar yang mengakui jika dirinya boros. Suka jajan banyak, banyak ke inginan yang harus di turuti, sedangkan uang saku selalu habis. Kalian tau tidak? hemat itu sangat penting untuk masa depan kalian.

Menjadi Pelajar yang hemat adalah hal yang sangat baik dan hebat, serta bermanfaat. Jika kalian hemat, uang kalian perlahan terkumpul, dan juga kalian bisa membeli apa saja yang kalian inginkan. apa saja tips hemat untuk pelajar?

Berikut dia tips hemat untuk pelajar beserta penjelasannya:

1. Membawa Bekal dari Rumah

Jika kalian boros dan ingin menghemat uang saku, kalian bisa membawa Bekal dari rumah. Bekal bisa berupa Makanan Ringan, Nasi sekaligus lauk pauk, minum dan lain-lain. Kalian bisa membawa bekal banyak,untuk pagi dan Siang.

Selain irit, uang saku kalian akan utuh, dan juga bekal yang kalian bawa lebih higenis, terjamin kehalalnya, kebersihannya, dan kelezatannya. Jika kalian sudah kenyang pastinya tidak ingin jajan, pasti kalian lebih memilih melakukan aktifitas, dan uang saku kalian pastinya utuh, nah hemat kan.

2. Menabung

Jika kalian suka jajan dan selalu menghabiskan Uang saku, pastinya kalian akan terus melakukanya. Entah karena terbiasa atau memang selalu ingin melakukannya, tetapi boros tidak baik bagi kehidupan, kita harus belajar bersikap hemat.

HEMAT PANGKAL KAYA

Kutipan kalimat di atas bisa diartikan, jika kalian hemat kalian akan mempunyai peluang untuk menjadi kaya, dengan cara menabung.

Menyisihkan sebagian uang saku, mungkin awalnya berat, tetapi jika sudah lama akan semakin ringan di lakukan.

Mulai sekarang kalian harus membiasakan diri menyisihkan sebagian uang saku kalian, jika tidak bisa mengumpulkan utuh, kumpulkan setengah, jika tidak bisa kumpulkan satu per empat saja. Yang terpenting sudah menyisihkan uang saku. Jika sudah tersisihkan kalian bisa menabungnya, dan sewaktu-waktu jika kalian butuh uang kalian bisa mengambilnya.

3.Puasa Senin dan Kamis

Nah, ini Dia yang paling bagus yaitu puasa, Salah satu puasa yang dimaksud adalah puasa senin dan kamis yang merupakan puasa sunnah, jika berpuasa senin dan kamis kalian akan mendapatkan banyak pahala, membuat badan sehat, sekaligus mendapat banyak manfaat bagi kehidupan.

Jika kalian berpuasa pastinya kalian tidak akan jajan, otomatis uang saku kalian utuh dan bisa di sisihkan, benar kan?

4. Membuat List Pengeluaran

Nah, Kalian mungkin jarang menulis list pengeluaran, padahal ini penting, Fungsinya Kalian bisa mengetahui secara rinci apa yang kalian beli dan berapa pengeluaran setiap harinya.

Dengan begitu kalian bisa mengatur ataupun mengurangi biaya pengeluaran kalian.
Jika sudah mangatur dan mengurangi biaya pengeluaran kalian pasti jedih lebih hemat.

5. Mengurangi Pembelian Sesuatu yang Tidak Terlalu Penting

Nah, pastinya kalian sering memebeli sesuatu secara mendadak, itu pun tidak terlalu penting.

Contoh: Si A pergi ke konter, niatnya hendak membeli paket data, si A membawa uang cukup banyak, disana selain membeli paket data si A juga membeli aksesoris Hp, casing, gurita, dan pop socket. Padahal Itu semua tidak terlalu penting, sama saja si A menambah pengeluaran, padahal di tabung lebih baik.

Jika kalian selalu begitu, selalu membeli barang yang tidak terlalu penting, kalian bisa rugi dan menambah biaya pengeluaran.
Sebaiknya kalian bisa berfikir dahulu, bisa menahan diri kalian terlebih dahulu, Fikirkan bahwa hemat itu perlu, jika kita hemat kita tidak akan menyesal, bahkan kita bahagia.

6.Sarapan dari Rumah

Jika kalian ingin mengehemat uang saku, sebaiknya sarapan terlebih dahulu di rumah. Selain hemat juga higenis, Sarapan juga tidak boleh di tinggalkan, jika sering tidak sarapan kalian bisa sakit mag, pusing, kurang konsentrasi dan kurang semangat.

Bagi kalian yang menderita sakit mag, jika kalian tidak sarapan pasti kalian akan tambah sakit, kasihanilah perut kalian, jadi jangan sekali-kali mencoba untuk tidak sarapan, jika tidak mau sarapan dengan nasi dan lauk bisa sarapan dengan susu dan roti, atau makanan yang mengandung protein lainnya.

Nah, kalau sudah sarapan dari rumah pasti semangat, kenyang, dan tentunya menambah konsentrasi saat pelajaran juga, uang saku kalian tidak sepenuhnya habis, masih bisa di sisihkan dan di gunakan dengan baik.

7.Mengurangi Membeli Makanan Terlalu Banyak

Nah, mungkin ada yang hobi makan dan membeli banyak makanan, hingga Uang saku tidak pernah terisisa, terlalu boros bukan? apa lagi kalian baru sarapan, kemudian membeli banyak makanan, dalam jangka waktu 4 jam kalian beli jajan lagi, gimana uang saku tidak habis?

Setidaknya jangan hamburkan uang kalian, jika kalian sudah kenyang hindari membeli makanan, jika memang sangat ingin membeli suatu makanan kalian bisa membelinya besok, atau kapan-kapan. Kalian harus bisa menahan agar tidak makan terlalu banyak, karena makan terlalu banyak tidak menyehatkan, menbuat kalian mengantuk dan juga kekenyangan, apa lagi kalian makan makanan ringan kemasan, es krim, cilok , mie, jika terlalu banyak mengonsumsinya tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi mulai sekarang kalian harus mengurangi membeli makanan, dan jika ingin makanan beliah yang menyehatkan dan juga seperlunya, jangan terlalu berlebihan.

8. Mencari Uang Saku Tambahan

Nah, jika kalian ingin hemat dan menambah uang saku, kalian bisa mencari uang saku tambahan dengan cara bekerja. Kan kita pelajar mau bekerja apa?

Nah, banyak kan pelajar sekarang yang bergabung dengan online shop, membuka jasa print, menjual makanan Ke sekolah dll. Karena mungkin mereka ingin berhemat, sekaligus ingin menambah uang saku. Itu semua bermanfaat bukan?

| Baca Juga: Mau Jadi Freelancer?, Hasilkan Uang Dimana Saja!

Kalian bisa merasakan bagaimana rasanya mendapat uang dari jerih payah sendiri, pastinya senang sekali. Jika sudah mendapat uang Saku tambahan, lebih baik di sisihkan, di tabung, jangan di belikan sesuatu dulu.

Nah, itu dia tips hemat untuk pelajar, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Pelajar yang baik itu tidak boros, dan tentunya rajin menabung.

Jika kita menjadi pelajar yang boros, kita akan susah, mau menyisihkan uang susah dan pastinya tidak punya uang, jika sudah begitu sedih bukan? mulai sekarang yuk belajar hemat!!