Tips Kelola Keuangan Bagi Mahasiswa Perantau Pemula

Diposting pada

Tips Kelola Keuangan Bagi Mahasiswa – Time flies too fast. Baru kemarin lulus SD sekarang sudah SMA. Baru kemarin masuk SMA, eh sudah mau lulus aja. Setahun, dua tahun, tiga tahun, cepat sekali berlalu. Hari ini bingung pilih peminatan jurusan di SMA, tau-tau besok farewell party, pusing lagi deh mikir mau kuliah dimana dan ambil jurusan apa. Eh, pas jadi mahasiswa kebetulan keterima kuliahnya di kampus luar kota dan kamu harus tinggal jauh dari orang tua. Gimana dong?

Tenang aja tak usah takut dan khawatir, sebenarnya merantau jauh dari orang tua justru banyak manfaatnya lho buat kamu. Seperti misalnya, kamu bisa belajar hidup mandiri dan belajar bertanggung jawab karena usiamu tak kecil lagi.

Kamu juga bisa belajar menghemat uang dan nggak melulu jadi beban orang tua. Terus, gimana sih cara kelola keuangan saat hidup jauh dari orang tua? Buat kamu mahasiswa baru dan sebagai perantau pemula, bisa nih kelola keuanganmu dengan tips-tips berikut.

1. Catat Semua Biaya Pengeluaran dan Pendapatan

Catat Semua Siaya Pengeluaran & Pendapatan - Tips Kelola Keuangan Mahasiswa

Tips yang pertama ialah, catat semua biaya pengeluaran dan pendapatanmu. Kamu bisa kelola keuanganmu dengan cara mencatat pengeluaran dan pendapatan apapun yang kamu dapatkan setiap hari sekecil apapun.

Walaupun itu hanya bayar tukang parkir atau sekedar memberi pengamen di jalan. Tujuannya apa? Tentu saja, supaya kamu bisa mengontrol uangmu terpakai untuk apa saja seharian itu.

2. Tambah Pendapatan

Tambah pendapatan - Tips Kelola Keuangan Mahasiswa

Selanjutnya yakni dengan cara menambah pendapatanmu. Selain belajar dan kuliah, kamu juga bisa lho memanfaatkan waktu luangmu sebagai mahasiswa mandiri untuk menambah uang saku bulananmu. Ya, hitung-hitung cari pengalaman kerja juga. Kamu bisa kerja part time, atau membuka usaha mandiri.

Misalnya, berjualan sebagai dropshipper online yang tidak membutuhkan banyak modal. Atau sebagai mahasiswa kamu juga bisa memanfaatkan ilmumu dengan buka jasa tutor bimbel untuk anak-anak sekolah. Pokoknya, manfaatkan kreativitas yang kamu punya dan pintar-pintarlah mencari peluang tapi jangan sampai mengganggu kegiatan kuliah ya.

3. Hidup Sederhana dan Hemat

Tips yang terakhir, hiduplah dengan sederhana dan hemat. Kalau kamu bisa menambah pendapatan uang sakumu, bukan berarti kamu boleh berfoya-foya ya. Mulailah menabung sebagai bentuk investasi masa depanmu.

Berbelanja sesuai kebutuhan dengan cara membuat daftar jenis kebutuhan selama satu bulan secara rutin. Jaga kesehatan juga dengan pola makan teratur. Hemat bukan berarti kamu nggak boleh beli makanan apapun buat diri sendiri ya.

Baca juga : Trik Sukses Menembus Psikotes dan Tes Kemampuan Umum

Kalau kamu nggak mau lagi disebut sebagai beban orang tua, yuk berlatih mengelola keuangan dengan baik setiap bulannya. Agar situasi kehabisan uang saku sebelum waktu gajian dapat terhindari dan kondisi keuanganmu tetap sehat.

Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi meminta tambahan uang saku ke orang tua karena kehabisan. Bijaksanalah dalam menggunakan uangmu ya guys. Hemat memang pangkal kaya namun jangan lupa juga untuk bersedekah ya.

Demikian tips kelola keuangan bagi mahasiswa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.