Yuk, Buatlah Perubahan Dari Rutinitas Rebahanmu

Tips Membuat Rutinitas Rebahan Jadi Produktif dan Menghasilkan Uang

Diposting pada

Rebahan atau berbaring menikmati waktu santai memang sangat enak dilakukan dan sudah menjadi rutinitas umat manusia sehari-hari . Istilah ‘Rebahan’ ini sendiri sudah menjadi tren diberbagai sosial media terutama di twitter. Beberapa orang pun dengan bangga menyebut diri mereka sendiri sebagai golongan ‘Kaum Rebahan’, apa kamu sendiri termasuk?

Rebahan memang tidak bisa lepas dari kehidupan kita semua, hampir tiap hari kita melakukannya. Hal ini wajar saja, karena untuk menghilangkan rasa penat selama menjalankan aktifitas. Tetapi, jangan habiskan seluruh waktumu untuk rebahan saja, hingga sangat malas untuk melakukan aktifitas lain. Segala sesuatu yang berlebihan itu tentu tidak baik.

Umumnya, orang menggunakan waktu rebahan untuk memainkan ponsel, sambil berselancar di sosial media. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan santai, seperti bertukar pesan dengan orang, menarik ulur beranda untuk melihat status orang, menonton story orang lain dan bermain game. Karena kamu merasa itu sangat menyenangkan.

Jika kamu berpikir lebih jauh, tidakkah kamu sadar jika hal ini dilakukan terus menerus, maka produktifitasmu akan menurun dan rasa malasmu akan meningkat?

Kamu terlalu sibuk melihat postingan yang berisi kehidupan enak orang lain, bahkan yang lebih buruk, kamu mungkin suka berkomentar negatif tentang orang lain. Hingga tak sadar hidupmu sendiri masih perlu banyak perubahan, bukan banyak rebahan. Ada baiknya jadikan orang-orang sukses yang kamu follow sebagai motivasi, agar kamu tak merasa hidupmu begitu-begitu saja.

Langkah awalnya sederhana saja, mulailah olah kegiatan rebahanmu menjadi lebih bermanfaat lagi.

Mari simak ulasan-ulasan berikut ini. Setelah kamu membacanya, kamu akan mulai menjadi orang yang pintar mengolah waktu rebahan jadi lebih berkualitas, tidak hanya melepas penat dengan berbaring-baring dikasur saja.

1. Gunakan Smartphone-mu dengan Bijak

Rebahan dan Smartphone itu satu kesatuan yang tak bisa dilepaskan. Tak apa, mainkan saja ponsel pintarmu dan bukalah sosial mediamu. Tapi ingat, kurangi kegiatan yang tidak ada manfaatnya. Seperti mencari gosip hangat, berdebat di sosial media dan menebar hoax.

Gunakanlah smartphonemu lebih bijak lagi. Tanpa kamu sadari, banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan di ponsel pintarmu, yaitu sebagai berikut:

Belajar

Semua orang sudah tahu akan hal ini, beberapa orang yang kesulitan mencari jawaban saat ada pekerjaan rumah pasti larinya akan ke google dan langsung disalin ke buku. Cobalah lakukan yang lebih dari itu, misalnya gabung ke grup belajar online, lebih banyak mengumpulkan referensi soal. Dan menonton video tentang pelajaran sekolah, dirimu bisa menerima pelajaran dengan baik karena lebih santai. Walaupun dalam kondisi santai, otakmu tetap terisi dengan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan.

Mendalami Passion

Carilah referensi dari internet untuk menambah pengetahuanmu soal bidang yang kamu minati, misalnya passionmu adalah memasak. Carilah berbagai macam masakan yang belum kamu coba sebelumnya, lalu praktekkan.

Menyalurkan Bakat

Banyak juga orang yang rebahan tapi bakatnya tersalurkan dan produktif. Misalnya menulis novel online hingga terbit jadi buku, bermain game bisa jadi youtuber gaming, suka menggambar digital jadi design grafis. Padahal mereka melakukannya bisa sambil rebahan, kenapa kamu tidak bisa?

Mendapat Penghasilan

Rebahan sambil main smartphone juga bisa menghasilkan uang. Asalkan kamu pintar mengolahnya.

Banyak pekerjaan yang bisa diakses cuma lewat internet. Contohnya jadi reseller dan freelancer.

2. Rebahan Bisa Sambil Merawat Diri

Skincare sudah menjadi tren saat ini, banyak sekali produk-produk perawatan kulit yang harus dipakai untuk membuat kulit lebih cerah dan sehat. Sebaiknya, kamu menggunakan waktu rebahanmu untuk skincarean.

Selain perawatan kulit, kamu juga bisa memanfaatkan waktu santai dengan merawat anggota tubuh yang lainnya. Seperti memotong kuku, memberi perawatan rambut dan luluran. Merawat diri sendiri itu sangat perlu, karena merupakan bagian dari mencintai diri sendiri.

3. Membaca Buku

Sebagian orang pasti tidak setuju dengan opsi ini. Karena otak dan badan mereka sudah lelah, dan lebih nyaman memegang ponsel saja daripada buku. Namun, jika yang kamu lihat dan kamu baca diponsel itu tidak ada manfaatnya sama sekali., kapan bacaanmu akan berkualitas?

Membaca buku dengan posisi yang santai bisa membuatmu nyaman. Buku yang kamu baca tidak harus yang berat-berat agar tak menambah rasa lelahmu, coba baca novel yang memang kamu senangi.

4. Relaksasi

Rasa lelah dan letih saat menjalani aktifitas membuat badanmu terasa pegal dan sakit. Coba untuk memijat-mijat badanmu sendiri sewaktu rebahan menggunakan minyak aroma terapi. Sambil mendengarkan musik yang kamu sukai, tubuhmu akan merasakan kepuasan tersendiri. Selain itu, kamu akan merasa lebih baik dari sebelumnya, rasa lelahmu akan hilang dengan melakukan relaksasi.

5. Merawat Ponsel

Tidak hanya tubuhmu yang perlu dirawat, ponsel pintarmu juga perlu perawatan loh, agar tidak cepat rusak.

Bagaimana cara merawat ponsel? tentunya dengan menghapus file-file yang tidak penting, saat kita sedang asyik berselancar di sosial media, ada saja hal-hal yang menarik untuk di screenshoot. Namun, tidak semua yang kita screenshot akan berguna. Begitupula dengan foto, kadang kita tak sadar mengambil gambar berkali-kali, tetapi yang bagus cuma satu atau dua. Hal ini menyebabkam penyimpananmu akan penuh, dan merusak kinerja smartphonemu. Pergunakanlah waktu santaimu untuk membersihkan file yang tidak berguna itu.

Setelah membaca ini, apa kamu akan mengolah rutinitas rebahanmu lebih baik lagi? sekarang sudah memasuki tahun yang baru, ada baiknya kebiasaanmu harus diolah dengan baik, agar tidak menyesal dikemudian hari karena telah membuang waktu dengan sia-sia. Semoga ini bisa bermanfaat dan diterapkan oleh kalian semua.

Share on print
PRINT ARTIKEL