Tips Memilih SMA atau SMK yang Tepat Buat Masa Depanmu

Diposting pada

SMA atau SMK sebenarnya keduanya bagus dan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal kamu pilih sesuai dengan bakat dan minatmu. Nah sebelum kamu pilih sekolah SMA atau SMK mana yang akan kamu pilih, sebaiknya kamu ikuti tips memilih SMA atau SMK dibawah ini.

Tips Memilih SMA atau SMK yang Tepat 

Tips Memilih SMA atau SMK

Inilah tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih SMA atau SMK:

1. Minta Saran Pada Orang Tua

Walaupun kamu yang menjalani sekolah nantinya, tapi tidak ada salahnya kamu minta saran dari orang tua kamu. Karena mereka yang membiayai kamu sekolah dan pastinya mereka juga ingin memilihkan kamu sekolah terbaik. 

2. Sesuaikan dengan Finansial Orang Tuamu

Saat meminta saran dan berdiskusi dengan orang tua kamu, tentunya mencakup semua hal termasuk urusan biaya. Mungkin kebanyakan anak akan meminta disekolahkan di sekolah favorit yang lebih mahal ketimbang sekolah yang biasa-biasa saja, tanpa memikirkan kemampuan finansial orang tuanya.

Bila orang tua kamu memiliki kemampuan finansial yang cukup, tentunya hal itu tidak jadi masalah. Tapi jika orang tua kamu tidak mampu, sebaiknya kamu jangan memaksa dan berusahalah mengerti keadaan keuangan orang tua kamu. Jadi, pilihlah sekolah sesuai dengan kemampuan orang tua kamu.

3. Kualitas Sekolah

Tips selanjutnya adalah cari tahu informasi mengenai  beberapa sekolah yang akan kamu pilih, kamu bisa tanyakan pada teman, ataupun alumni sekolah tersebut. Kamu juga bisa cari informasi sekolah yang kamu tuju lewat internet. Tujuannya adalah untuk tahu kualitas sekolah tersebut mulai dari guru hingga metode pengajarannya.

Hal ini penting dilakukan bukan berarti kita meragukan kemampuan atau kualitas mengajar guru di sekolah tersebut. Tapi mengingat pendidikan saat ini cukup memprihatinkan. Karena itu kamu harus pandai-pandai memilih sekolah karena hal tersebut akan  berdampak pada masa depan kamu.

4. Fasilitas

Pilihlah sekolah yang memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kegiatan belajar siswanya. Seperti misalnya adanya ruang laboratorium, perpustakaan, lab komputer,  lapangan, dan fasilitas penunjang belajar lainnya. Dengan fasilitas yang lengkap kegiatan belajar akan lebih mudah dan lancar. 

5. Mudah diakses

Pilihlah sekolah yang dekat dengan tempat tinggal kamu, agar mudah diakses. Dengan memilih sekolah yang dekat juga mengurangi resiko kamu terlambat masuk sekolah. Karena jarak tempuh yang dekat tentunya waktu yang diperlukan untuk menuju sekolah pun jadi lebih cepat. 

6. Perhatikan Budaya dan Lingkungan Sekolah

Setiap sekolah pasti punya kebiasaan dan budayanya masing-masing. Untuk itu penting buat kamu pilih sekolah dengan kebudayaan yang baik. Seperti rutin melaksanakan kegiatan upacara bendera setiap hari senin, rutin mengadakan kerja bakti dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah setiap hari jumat.

Perbedaan SMA dan SMK yang Perlu Kamu Ketahui

Atau mengadakan beberapa kegiatan keagamaan dan lainnya yang sudah menjadi budaya baik pada sekolah tersebut dan yang paling penting lingkungannya yang membuat  kamu nyaman dalam menjalani kegiatan belajar.

7. Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler sangat penting bagi siswa, bukan hanya untuk menambah pengetahuan mereka, ekstrakurikuler juga dapat menambah pengalaman para siswa ketimbang siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler di sekolahnya.

Karena itu penting juga bagi kamu untuk memilih sekolah yang mengadakan beberapa kegiatan ekstrakuler.

8. Tentukan Pilihanmu dengan Matang dan Mantap

Tentukan pilihanmu dengan mantap dan matang. Karena pilihan kamu juga menentukan kamu dalam semangat belajar. Dan juga turut berperan penting untuk masa depan kamu. 

Nah, itulah tips memilih  SMA atau SMK yang tepat untuk masa depanmu, ingat masa depanmu ada ditanganmu, salah memilih sekolah akan berdampak pada masa depanmu.

Sumber : https://www.rijal09.com/2019/08/tips-memilih-sekolah-sma-atau-smk-berikut-masing-masing-kelebihannya.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.