Tips Mendapat Uang Jajan Tambahan Untuk Pelajar

“Uang bukanlah segalanya, tapi segalanya butuh uang.”

Pribahasa itu memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut memang benar adanya, uang bukanlah segalanya, karena masih banyak hal yang jauh lebih penting di dalam hidup ini daripada uang.

Tetapi, kita tidak bisa mengelak kalau segala kebutuhan kita pasti kebanyakan dibayar dengan uang. Uang adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dan dicari-cari.

Begitu pula dengan pelajar, ternyata masih banyak sekali pelajar yang kekurangan uang karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang mencukupi.

Padahal di sekolah ada banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan, seperti biaya SPP, uang pembangunan, uang transport, uang jajan dan lain-lan.

Bahkan tugas sekolah pun sering membutuhkan uang untuk biaya print dan fotocopy. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, uang untuk membelu kuota internet sangat diperlukan.

Tiap anak pasti kasihan melihat orangtua banting tulang serta banjir keringat sendirian. Ada rasa ingin membantu tapi tidak mungkin meninggalkan kewajiban belajar di sekolah.

Lantas, apakah ada tips untuk pelajar mendapatkan uang tanpa harus meninggalkan sekolah? tentu saja ada! yuk simak tips-tips berikut ini.

1. Jasa Tulis Tugas

gambar orang menulis

Pekerjaan jasa tulis tugas ini sudah tidak asing lagi di kalangan para pelajar. Beberapa siswa ada saja yang membutuhkan jasa ini karena dilanda kesibukan dan berbagai macam alasan lain sehingga tidak sempat lagi mengerjakan tugas sekolah.

Kamu bisa menawarkan jasa tulis tugas kepada temanmu. Berikan tarif yang sesuai dengan tugas yang harus diselesaikan.

2. Menjual Makanan dan Minuman Ringan

Makanan dan Minuman Ringan

Kamu pandai membuat jajanan enak? dan kamu suka berdagang? ini merupakan opsi yang sangat tepat untukmu. Cobalah untuk membuat makanan atau minuman ringan, lalu jual di lingkungan sekolahmu.

Jangan takut tidak laku, karena ada saja siawa yang malas pergi ke kantin karena penuh atau bosan dengan menu kantin yang itu-itu saja.

Daganganmu pun bisa berpeluang besar laris manis jika rasanya enak karena adanya promosi ‘mulut ke mulut’. Selain mendapat uang, kamu juga bisa melatih skill berdagang.

3. Mencari Pekerjaan Paruh Waktu

freelancer

Opsi ini sangat tepat dipilih untuk pelajar yang ingin mendapatkan uang tambahan, dengan jam kerja yang cukup fleksibel tentunya tidak akan mengganggu sekolahmu.

Daripada waktu luang itu dipakai untuk hal-hal yang tak bermanfaat, lebih baik digunakan untuk bekerja dan menghasilkan uang.

Tempat-tempat yang biasanya menyediakan lowongan kerja antara lain restoran, warung makan, atau di toko-toko.

4. Menjual Alat-Alat Tulis

Alat-Alat Tulis

Teman sekelasmu mungkin akan malas pergi ke koperasi sekolah hanya untuk membeli alat tulis.

Kamu bisa menjual alat tulis seperti pulpen, buku, tipe-x, dan alat tulis lain supaya lebih mudah dijangkau oleh teman-temanmu tanpa repot-repot ke koperasi sekolah.

5. Berjualan Online

Berjualan Online

Di era sekarang tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya berjualan secara online, apalagi disaat pandemi virus corona menyebar di Indonesia, segala hal dilakukan secara online termasuk berjualan.

Selain jam kerjanya yang sangat fleksibel, berjualan online hanya bermodal internet. Daripada kamu menghabiskan waktu berselancar di internet untuk hal yang tidak penting, cobalah untuk menjadi reseller atau dropshipper.

Kamu juga bisa menjual produkmu sendiri seperti makanan, minuman dan lain-lain.

6. Menjual Pulsa dan Kuota Internet

Pulsa dan Kuota Internet

Di era sekarang. Pulsa dan kuota internet adalah barang yang sangat dibutuhkan dan paling dicari-cari oleh setiap orang, terutama kawula muda. Jika kamu nemutuskan untuk menjual keduanya tentunya kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak.

7. Menjual Jasa Edit Foto

mengambil gambar

Semua orang berlomba-lomba mengedit foto agar terlihat sisi estetiknya, kamu bisa memanfaatkan tren ini untuk menjual jasa editing foto. Dengan bermodal skill editing yang mumpuni, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Terlebih lagi jika hasilnya bagus, tentunya pembeli jasamu akan bertambah.

8. Membangun Akun Sosial Media

gambar sosial media

Apa benar, hanya mrmbangun akun sosial media bisa mendapat uang? jawabannya benar. Namun, akun sosial media yang akan dibangun bukan akun sembarangan, konten-konten yang akan diposting di sana haruslah menarik perhatian audience agar bisa meningkatkan followers.

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan akun dagelan, meme, dan berbagai macam akun hiburan lain yang jumlah followersnya sudah banyak.

Akun-akun besar seperti itu biasanya akan ditawari kerjasama paid promote atau endorse, tentunya kamu juga bisa membangun akun sosial media. Kamu tidak harus membuat konten hiburan, konten edukasi juga banyak peminatnya dan lebih bermanfaat untuk khalayak luas. Jadi jangan ragu untuk memulainya.

9. Menjadi Penulis Freelancer dan Membuat Blog

blogger wordpress

Menjadi penulis artikel atau menulis novel di platform berbayar tentunya akan menghasilkan uang jika kamu memang layak dibaca dan konsisten. Ada banyak sekali lowongan yang tersedia untuk penulis freelancer.

Jika kamu ingin bebas menulis tanpa terikat pekerjaan, kamu bisa membangun blog sendiri dan mengembangkannya.

Namun opsi ini tidak akan cocok untuk kamu yang ingin mendapat uang secara instan, kamu harus berproses terlebih dahulu agar bisa mendapat pundi-pundi rupiah.

10. Menjadi YouTuber dan Content Creator

youtuber

Selain mendapat uang, profesi ini juga memungkinkan kamu untuk terkenal. Sebenarnya opsi ini juga sangat tidak tepat untuk kamu yang ingin mendapat uang secara instan seperti pekerjaan lainnya.

Sebab, menjadi YouTuber dan Content Creator itu memerlukan proses yang panjang. Namun jika dijalani dengan konsisten, kamu akan menuai hasilnya.

Sebenarnya ada banyak sekali tips mendapatkan uang yang cocok untuk pelajar, semoga isi artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Bagikan Artikel melalui :