Tujuan mempelajari ilmu kalam – kalam yaitu membahas satu permasalahan atau topik tertentu. Secara bahasa pengetahuan kalam mempunyai makna pengucapan, dan menurut istilah ialah satu pengetahuan yang mengulas berkenaan Allah dan Rasulnya.

Para pakar ahli ilmu khususnya pengetahuan kalam menjadikan masalah teologi sebagai dasar pengkajian. Mengulas mengenai permasalahan pengetahuan kalam, tentu lebih ke arah dan mengutamakan di suatu pertimbangan. Agar dapat menjaga agama Islam dari beragam anacaman dan rintangan di luar.

Lalu apa itu pengertian kalam? Temen-temen bisa baca pengertian kalam berikut pengertian kalam.

Beberapa ahli pakar kalam sudah menerangkan mengenai pemahaman pengetahuan kalam. Lalu apa saja tujuan mempelajari ilmu kalam ? Dan apa saja keutamaan mempelajari ilmu kalam ?

Tujuan Mempelajari Ilmu Kalam

Tujuan Mempelajari Ilmu Kalam
Tujuan Mempelajari Ilmu Kalam

Apa sih tujuan belajar ilmu tentang kalam ? Tujuan belajar ilmu kalam ialah mempunyai makna strategis dalam pembangunan perabadan bangsa Indonesia dan penanaman aqidah. Adapun mendalami pengetahuan kalam salah satunya seperti berikut:

1. Mampu Merealisasikan Manusia

Tujuan mempelejari ilmu kalam yang pertama adalah bisa merealisasikan manusi. Merealisasikan manusia supaya selalu memiliki adab yang mulia sebagai realisasi dari tuntunan dan tuntunan nilai-nilai aqidah Islam.

2. Bisa Meningkatkan dalam Berpikir, Memahami dan Mengajari

Kemudian, tujuan mempelajari tentang ilmu kalam selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan dalam berpikir. Tingkatkan kekuatan dalam berpikir, pahami, dan mengajari ke beberapa siswa mengenai pengetahuan kalam. Hingga beberapa siswa jadi muslim yang penuh tanggung-jawab dan arif saat menjalankan kehidupan dalam masyarakat.

3. Menumbuhkan Aqidah

Tujuan mempelajari tentang ilmu kalam terakhir adalah bisa menumbuhkan aqidah. Yaitu dengan cara tumbuhkan aqidah lewat pengetahuan ke beberapa warga. Hingga menjadi manusia yang semakin berkembang dalam ketaqwaan dan keimanan ke Allah.

Keutamaan Mempelajari pengetahuan Kalam

Keutamaan Mempelajari Ilmu Kalam
Keutamaan belajar Ilmu tentang Kalam

Dalam mempelajari pengetahuan kalam pasti kita tidak pernah percuma. Maksudnya tidak ada kerugiannya, pasti ada kelebihanya. Lantas apa kelebihan dalam mempelajari ilmu tentang kalam? berikut salah satunya:

1. Dapat Mengaplikasikan Ibadah Secara Stabil

Pasti tidak gampang rengat dibandingkan yang sekedar hanya yakin tanpa dasar ilmu pengetahuan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Pelajari ilmu kalam dalam agama Islam pasti membuat kita masih tetap istiqamah saat menjalankan perintah Allah. Kenapa kita dapat istiqamah? Karrna ini ini telah diperkokoh dengan ilmu beberapa dasar Islam sebagai fondasi keimanan.

2. Tidak Gampang Meleset dari Tuntunan Agama

Untuk manusia yang telah pelajari pengetahuan kalam pasti tidak gampang meleset dari tuntunan agama Islam. Seperti dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 257.

Maknanya:

Allah ialah perlindungan untuk beberapa orang yang memiliki iman, ia keluarkan mereka dari kegelapan ke sinar iman. Adapun beberapa orang kafir perlindungannya ialah setan, yang keluarkan mereka dari sinar ke kegelapan. Mereka ialah penghuni neraka, dan abadi didalamnya

3. Dapat Perkuat Dasar Pengetahuan Islam

Ilmu tentang kalam sebagai ilmu yang perlu sesuai realitas secara obyektif. Dengan itu, pelajari ilmu tentant kalam kita bisa ketahui beberapa dasar ilmu agama Islam.

Maknanya:

Benar-benar kami sudah datangkan Al-Qur’an ke mereka yang kami terangkan atas dasar pengetahuan. Sebagai panduan dan karunia untuk orang-oran yang memiliki iman.

Dalam ayat itu kita bisa ketahui jika ada ketidaksamaan di antara orang Islam dan orang kafir. Yang tidak yaqin dengan hukum Allah.

Dari ulasan di atas bisa kita simpulan jika ilmu tentang kalam ialah ilmu yang pelajari mengenai kepercayaan seorang dengan tuhanya. Dengan memakai alasan Naqli dan pemikiran.

Penutup

Mungkin itu tujuan mempelajari ilmu kalam serta keutamaan mempalajari ilmu tentang kalam. Semoga kita dimudahkan dalam melakukan hal menuntut ilmu, khususnya ilmu agama.

Terima kasih sudah berkunjung di website pusat ilmu pengetahuan.

Bagikan:
Avatar

Ihsan Rahmansyah

Hanya seorang penulis yang lagi belajar, belajar, dan terus belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia